Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi, maupun masyarakat, dalam meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia. Dalam konteks ini, survei tahun 2016 yang menempatkan Indonesia di bawah negara-negara ASEAN dalam hal literasi menjadi pemicu refleksi dan respons positif dari berbagai pihak. Hasil survei tersebut bisa menjadi *bad news* jika diabaikan, tetapi juga bisa menjadi *good news* jika direspon dengan tindakan nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi. Buku ini juga menyoroti pentingnya penggunaan teknologi, khususnya smartphone, dalam memperluas akses terhadap bahan bacaan. Dengan jumlah pemilik smartphone yang terus meningkat, pemerintah dan lembaga-lembaga lain mulai mengembangkan bahan bacaan yang didesain khusus untuk media digital. Contohnya, Pusat Data dan Analisa TEMPO berupaya menyajikan buku-buku dalam format digital atau e-book yang ramah untuk dibaca di smartphone. Selain itu, buku ini juga menyebutkan berbagai program yang diluncurkan untuk meningkatkan minat baca, seperti program pengiriman buku gratis yang dilakukan oleh Baca Indonesia dan Najwa Shihab, gerakan literasi sekolah yang digagas oleh Menteri Pendidikan Nasional, serta inisiatif-inisiatif lokal seperti GPMB di Yogyakarta dan Street Library di Bandung. Buku ini juga mengingatkan pentingnya perlindungan hak cipta dalam konteks pengembangan bahan bacaan dan karya kreatif, dengan menunjukkan ancaman hukum bagi siapa pun yang melanggar hak cipta. Secara keseluruhan, buku ini merupakan dokumentasi dan refleksi terhadap upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan literasi dan minat baca di Indonesia, baik melalui pendekatan tradisional maupun inovatif.
Di Solo ada festival permainan anakanak tradisional dari berbagai daerah Permainan tradisional dan modern dianggap sama saja semua bisa mengembangkan anak anak
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-344-961-8 |