Science Technology Engineering and Mathematics STEM secara prinsip adalah pedagogy untuk memunculkan dan menuangkan ide siswa Ide dan penyelesaian masalah memerlukan penilaian yang tidak dapat dilakukan dengan sekedar pensil dan kertas sebagaimana pengukuran pemahaman kognitif Penilaian yang berbasis pada kinerja siswa selama proses berlangsung dengan menggunakan standar penilaian kinerja adalah penilaian performance assesment yang dapat digunakan di proses maupun produknya Sejumlah proses yang mendukung STEM secara efektif dan efisien adalah pembelajaran yang berbasis masalah proyek penyelidikan dan desain yang masing masing mempunyai prioritas khusus dan variasi yang tidak terbatas Masalah menjadi bagian bersama yang perlu dirumuskan dan diselesaikan melalui pembelajaran dengan pendekatan STEM yang tentunya melibatkan integrasi ilmu pengetahuan teknologi tehnik dan matematika Kebutuhan dan tuntutan yang terjadi memerlukan strategi yang berkaitan dengan penggunaan senyawa rendah carbon Penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pemanfaatan low carbon yang berpusat pada siswa dilakukan dengan aktivitas kolaboratif pada proses untuk materi yang diajarkan Aktivitas menyelesaikan masalah yang merupakan kinerja diperlukan aktivitas yang signifikan untuk mendukung proses berpikir dan berproduk kreatif Tantangan proses berpikir yang memerlukan penyelesaian masalah diabad 21 adalah berpikir kreatif dalam menyelesaian masalah kolaborasi dan berkomunikasi melalui presentasi pengetahuan Ketiganya adalah tiga kinerja dalam STEM yang mewakili proses dan produk untuk diukur dengan performance assesment
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV Media Sains Indonesia |
Tahun Terbit | 2024 |
ISBN | Tidak Ada |
eISBN | 978-623-195-805-1 |