Dalam perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab paling tidak terdapat dua katagori sistem yakni 1 Pembelajaran sebagai sistem meliputi peserta didik pendidik materi metode eyaluasi dan z bahasa Arab sebagai sistem meliputi berbagai aspek kebahasaan seperti gramatika percakapan membaca menulis dan menerjemahkan Pembelajaran bahasa Arab berarti pembelajaran aspek aspek bahasa Arab dan setiap aspek kebahasaan mempunyai karakteristik sendiri sendiri yang berbeda satu dengan lainnya Selain itu perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab disusun berdasarkan asumsi asumsi dasar prinsip prinsip yang harus dipegang dan dasar pemikiran operasional yang jelas dan capability Asumsi dan prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab tersebut terkait dengan hakikat pembelajaran yang sesungguhnya misaln ya siapa saja yang belajar untuk apa mereka belajar siapa yang seharusnya mengajar kapan di mana dan bagaimana strategi yang digunakan Buku ajar ini rrienyajikan sistem dan prinsip prinsip pengajaran bahasa Arab meliputi teori dan praktik Disusun berdasarkan Silabus Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Penyusunan buku teks utama textbook ini ditatarbelakangi oleh karena langkanya referensi acuan mengenai Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab khususnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia Substansi isi buku ini antara lain meliputi topik utama bahasan mengenai 1 Hakikat perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab prinsip prinsip dasarp pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing dan hakikat peserta didik z Karakteristik pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing 3 Perencanaan proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing dan 4 Rancangan sistem pembelajaran keterampilan bahasa Arab sebagai bahasa asing Sasaran pembaca buku ini untuk mahasiswa jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah di lingkungan Ul N IAIN STAIN dan Perguruan Tinggi Agama Islam lainnya praktisi bahasa editor bahasa dosen pengajar bahasa serta peminat pembelajaran bahasa pada umumnya Dalam perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab paling tidak terdapat dua katagori sistem yakni 1 Pembelajaran sebagai sistem meliputi peserta didik pendidik materi metode eyaluasi dan z bahasa Arab sebagai sistem meliputi berbagai aspek kebahasaan seperti gramatika percakapan membaca menulis dan menerjemahkan Pembelajaran bahasa Arab berarti pembelajaran aspek aspek bahasa Arab dan ...setiap aspek kebahasaan mempunyai karakteristik sendiri sendiri yang berbeda satu dengan lainnya Selain itu perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab disusun berdasarkan asumsi asumsi dasar prinsip prinsip yang harus dipegang dan dasar pemikiran operasional yang jelas dan capability Asumsi dan prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab tersebut terkait dengan hakikat pembelajaran yang sesungguhnya misaln ya siapa saja yang belajar untuk apa mereka belajar siapa yang seharusnya mengajar kapan di mana dan bagaimana strategi yang digunakan Buku ajar ini rrienyajikan sistem dan prinsip prinsip pengajaran bahasa Arab meliputi teori dan praktik Disusun berdasarkan Silabus Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Penyusunan buku teks utama textbook ini ditatarbelakangi oleh karena langkanya referensi acuan mengenai Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab khususnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia Substansi isi buku ini antara lain meliputi topik utama bahasan mengenai 1 Hakikat perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab prinsip prinsip dasarp pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing dan hakikat peserta didik z Karakteristik pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing 3 Perencanaan proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing dan 4 Rancangan sistem pembelajaran keterampilan bahasa Arab sebagai bahasa asing Sasaran pembaca buku ini untuk mahasiswa jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah di lingkungan Ul N IAIN STAIN dan Perguruan Tinggi Agama Islam lainnya praktisi bahasa editor bahasa dosen pengajar bahasa serta peminat pembelajaran bahasa pada umumnya