Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang perencanaan sistem pengajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing, dengan pendekatan teori dan praktik yang komprehensif. Buku ini ditulis oleh Dr. Munir, M.Ag., seorang pakar dalam bidang pendidikan bahasa Arab. Buku ini merupakan edisi pertama yang diterbitkan pada tahun 2017, dan dirancang sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa, dosen, serta pembaca umum yang tertarik dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran bahasa Arab. Buku ini disusun berdasarkan Silabus Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab dari Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah. Penulis menyusun buku ini karena adanya kebutuhan akan bahan bacaan yang mudah dipahami, mudah didapatkan, dan terjangkau bagi sebagian besar mahasiswa. Buku ini bertujuan untuk menjadi referensi utama dalam memperkaya pemahaman tentang perencanaan pengajaran bahasa Arab secara sistematis. Dalam buku ini, penulis menjelaskan berbagai prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab, seperti prinsip prioritas, koreksitas, dan bertahap. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai jenis bidang pembelajaran, model pembelajaran, serta keterampilan dalam pembelajaran bahasa Arab. Buku ini dilengkapi dengan informasi yang relevan terkait hak cipta, termasuk sanksi pelanggaran Pasal 113 Undang-Undang Hak Cipta, sebagai bentuk perlindungan terhadap karya intelektual penulis. Dengan konsep yang jelas, struktur yang terorganisir, dan penjelasan yang mendalam, buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca dalam meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab, serta menjadi acuan dalam kegiatan akademik dan penelitian.
Dalam perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab paling tidak terdapat dua katagori sistem yakni 1 Pembelajaran sebagai sistem meliputi peserta didik pendidik materi metode eyaluasi dan z bahasa Arab sebagai sistem meliputi berbagai aspek kebahasaan seperti gramatika percakapan membaca menulis dan menerjemahkan Pembelajaran bahasa Arab berarti pembelajaran aspek aspek bahasa Arab dan setiap aspek kebahasaan mempunyai karakteristik sendiri sendiri yang berbeda satu dengan lainnya Selain itu perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab disusun berdasarkan asumsi asumsi dasar prinsip prinsip yang harus dipegang dan dasar pemikiran operasional yang jelas dan capability Asumsi dan prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab tersebut terkait dengan hakikat pembelajaran yang sesungguhnya misaln ya siapa saja yang belajar untuk apa mereka belajar siapa yang seharusnya mengajar kapan di mana dan bagaimana strategi yang digunakan Buku ajar ini rrienyajikan sistem dan prinsip prinsip pengajaran bahasa Arab meliputi teori dan praktik Disusun berdasarkan Silabus Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Penyusunan buku teks utama textbook ini ditatarbelakangi oleh karena langkanya referensi acuan mengenai Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab khususnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia Substansi isi buku ini antara lain meliputi topik utama bahasan mengenai 1 Hakikat perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab prinsip prinsip dasarp pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing dan hakikat peserta didik z Karakteristik pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing 3 Perencanaan proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing dan 4 Rancangan sistem pembelajaran keterampilan bahasa Arab sebagai bahasa asing Sasaran pembaca buku ini untuk mahasiswa jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah di lingkungan Ul N IAIN STAIN dan Perguruan Tinggi Agama Islam lainnya praktisi bahasa editor bahasa dosen pengajar bahasa serta peminat pembelajaran bahasa pada umumnya
Jumlah Halaman | 286 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-4221-16-4 |
eISBN | 978-602-422-543-8 |