Proses pelaksanaan aktivitas praktik sering berbenturan dengan ketersediaan sarana prasarana pendukung sehingga sering dijadikan alasan minim bahkan tidak adanya praktik dalam proses pembelajaran walaupun pendidik sadar akan fungsi peran dan pentingnya aktivitas praktik peserta didik sebagai penguat capaian kompetensi Buku Perencanaan Pengelolaan dan Pengembangan Laboratorium SD ini membahas hakikat laboratorium SD merancang dan mengembangkan aktivitas praktik baik indoor maupun outdoor perencanaan dan pengembangan kit praktik pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar serta instrumen penilaian praktik berbagai bidang pembelajaran SD Buku ini diharapkan dapat membantu memberikan inspirasi dan semangat bagi guru dan calon guru SD dalam merencanakan mengelola dan mengembangkan laboratorium SD sehingga pembelajaran lebih bermakna aktif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan daya serap dan retensi pemahaman materi peserta didik Proses pelaksanaan aktivitas praktik sering berbenturan dengan ketersediaan sarana prasarana pendukung sehingga sering dijadikan alasan minim bahkan tidak adanya praktik dalam proses pembelajaran walaupun pendidik sadar akan fungsi peran dan pentingnya aktivitas praktik peserta didik sebagai penguat capaian kompetensi Buku Perencanaan Pengelolaan dan Pengembangan Laboratorium SD ini membahas hakikat laboratorium SD ...merancang dan mengembangkan aktivitas praktik baik indoor maupun outdoor perencanaan dan pengembangan kit praktik pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar serta instrumen penilaian praktik berbagai bidang pembelajaran SD Buku ini diharapkan dapat membantu memberikan inspirasi dan semangat bagi guru dan calon guru SD dalam merencanakan mengelola dan mengembangkan laboratorium SD sehingga pembelajaran lebih bermakna aktif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan daya serap dan retensi pemahaman materi peserta didik