Banyak ungkapan yang sering dilontarkan melalui berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini buku saja kualitas pendidikan sebagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurang berhasil dibentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah Hal ini dapat dilihat melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa Indikasi ketidakberhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Itulah sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi diupayakan satu mata kuliah Perencanaan Pembelajaran atau Desain Instruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima Di Universitas lain perencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk Penataran Pendidikan Keterampilan Instruksional yang salah satu materialnya adalah Perencanaan Pembelajaraan Buku yang hadir di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang tinjauannya didasarkan pada teori teori instruksional yang banyak dikembangkan di negara negara peletak dasar instruksional yakni Amerika Serikat Buku ini diawali dengan pemaparan teoretis tentang pembelajaran kemudia membicarakan tentang kondisi pembelajaran strategi pembelajaran dan hasil pembelajaran Di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran Banyak ungkapan yang sering dilontarkan melalui berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini buku saja kualitas pendidikan sebagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurang berhasil dibentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah Hal ini dapat dilihat ...melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa Indikasi ketidakberhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Itulah sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi diupayakan satu mata kuliah Perencanaan Pembelajaran atau Desain Instruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima Di Universitas lain perencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk Penataran Pendidikan Keterampilan Instruksional yang salah satu materialnya adalah Perencanaan Pembelajaraan Buku yang hadir di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang tinjauannya didasarkan pada teori teori instruksional yang banyak dikembangkan di negara negara peletak dasar instruksional yakni Amerika Serikat Buku ini diawali dengan pemaparan teoretis tentang pembelajaran kemudia membicarakan tentang kondisi pembelajaran strategi pembelajaran dan hasil pembelajaran Di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran