Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep dasar perencanaan pembelajaran dalam bidang bahasa, sastra Indonesia, dan daerah. Penulis menjelaskan pengertian perencanaan, pentingnya, manfaat, serta fungsi perencanaan pembelajaran, serta prinsip-prinsip yang mendasari dalam merancang proses pembelajaran yang efektif dan relevan. Buku ini juga menyoroti penerapan teori perencanaan dalam konteks kurikulum, khususnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) dan Kurikulum 2013, serta mengintegrasikan pendekatan pembelajaran yang berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inkuiri, dan Kontekstual). Selain itu, buku ini menyajikan produk-produk pembelajaran yang telah didokumentasikan di Laboratorium Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Makassar. Buku ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang didanai oleh Hibah Buku Teks Tahun 2008, serta telah diperbarui dalam edisi revisi November 2022. Buku ini merupakan referensi yang sangat berguna bagi para tenaga pengajar bahasa, sastra Indonesia, dan daerah, serta calon tenaga kependidikan yang ingin memperkaya pemahaman dan kemampuan dalam merancang dan menerapkan perencanaan pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Keberhasilan pendidik dalam menyampaikan materi ajar bukan karena kurang menguasai matei ajar melainkan tidak direncanakan dengan baik dan tepat Pembelajaran tidak tercapai kalau tidak didesain perencanaannya Untuk itu perencanaan sejak awal dirancang dengan baik agar pelaksanaannya tercapai dengan efektif
Jumlah Halaman | 245 |
---|---|
Kategori | Bahasa Dan Sastra |
Penerbit | CV. Cahaya Bintang Cemerlang |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-6032-50-3 |
eISBN | 978-623-6032-66-4 |