Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, yang merupakan pendekatan baru dalam pengembangan kurikulum di Indonesia. Buku ini terdiri dari berbagai bab yang membahas konsep dasar pengembangan kurikulum 2013, prinsip-prinsip pengembangan, strategi pengembangan, serta struktur kurikulum untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan Kurikulum 2013, termasuk struktur dan prinsip-prinsip dalam penyusunan silabus dan RPP. Buku ini juga mencakup penjelasan tentang penulisan bahan ajar yang relevan dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Buku ini dirancang untuk membantu guru, calon guru, dan pendidik dalam memahami dan menerapkan Kurikulum 2013 secara efektif dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Materi dalam buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dipahami dan ringkas, sehingga memudahkan pembaca dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.
Kurikulum menurut Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 19 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu Berdasarkan pengertian tersebut terdapat dua dimensi kurikulum Pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut 1 Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial pengetahuan dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat 2 Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar 3 Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap pengetahuan dan keterampilan 4 Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-280-441-3 |
eISBN | 978-623-209-399-7 |