Sinopsis Buku: Buku *Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran* karya Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd. merupakan buku referensi yang komprehensif mengenai konsep-konsep perencanaan dan desain pembelajaran dalam konteks pendidikan di Indonesia. Buku ini disusun dengan tujuan untuk membimbing para pendidik, guru, dan calon guru dalam merancang sistem pembelajaran yang efektif, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Buku ini menjelaskan berbagai model perencanaan dan desain pembelajaran, termasuk model DSI-PK (Desain Sistem Instruksional Pendukung Kurikulum), yang dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam buku ini, penulis juga membahas berbagai komponen penting dalam perencanaan dan desain pembelajaran, seperti analisis kebutuhan, tujuan pembelajaran, kompetensi, materi pembelajaran, pengalaman belajar, pengembangan media, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyajikan catatan terkait Ujian Nasional sebagai bagian dari implementasi KTSP. Selain itu, penulis juga menekankan pentingnya siswa sebagai subjek belajar dalam perencanaan dan desain pembelajaran. Dengan pendekatan ini, buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana merancang proses pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian kompetensi pembelajar. Buku ini sangat cocok sebagai sumber referensi bagi para pendidik, pelaku pembelajaran, dan mahasiswa pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan prinsip-prinsip perencanaan dan desain pembelajaran secara profesional dan berkelanjutan.
Buku ini menghadirkan pemaparan komprehensif perencanaan baik ditinjau dari model modelnya maupun pengembangan tiap komponen Pada bagian awal pembahasan difokuskan kepada tentang konsep yang berkaitan dengan perencanaan dan desain pembelajaran termasuk model Desain Sistem Instruksional berorientasi Pencapaian Kompetensi DSIPK untuk mendukung keberhasilan KTSP Pada bagian selanjutnya pembahasan berpusat pada pengembangan berbagai komponen perencanaan dan desain dari mulai pengembangan analisis kebutuhan tujuan dan kompetensi materi dan pengalaman belajar pengembangan media sampai pengembangan akar evaluasi pembelajaran termasuk catatan ujian akhir nasional
Jumlah Halaman | 300 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-979-1486-51-4 |
eISBN | 978-623-218-041-3 |