Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga 2017 dengan judul “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter”. Buku ini menyajikan perangkat pembelajaran matematika yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), yang dikembangkan berdasarkan model *Problem Based Learning* (PBL). Model PBL ini dirancang untuk meningkatkan *Higher Order Thinking Skills* (HOTS) siswa, yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis yang diperlukan dalam menghadapi tantangan ilmiah dan kehidupan sehari-hari. Buku ini juga mencakup penjelasan mengenai konsep dan karakteristik *Problem Based Learning*, serta indikator-indikator *Higher Order Thinking Skills*. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kisi-kisi instrumen penilaian, soal-soal HOTS, kunci jawaban, dan rubrik penskoran untuk memudahkan guru dalam mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Buku ini menjadi panduan praktis bagi para guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21.
Buku ini berisi perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS yang diharapkan dapat menjadi salah satu pedoman bagi para guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran Selain itu perangkat pembela jaran ini juga dapat dijadikan acuan bagi para guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran matematika pada jenjang ataupun materi lain yang berorientasi pada peningkatan higher order thinking skills siswa
Jumlah Halaman | 344 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | nuha medika |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-6243-64-5 |
eISBN | proses |