Sinopsis Buku: Buku ini membahas pengembangan perangkat pembelajaran *Collaborative Learning* berbasis *kearifan lokal* yang dirancang untuk meningkatkan proses belajar mengajar di kelas SD. Buku ini dilengkapi dengan desain uji coba produk, revisi produk, serta kajian produk akhir yang menunjukkan efektivitas dan kebermanfaatan perangkat pembelajaran tersebut. Dalam buku ini, penulis juga menjelaskan konsep dan urgensi pembelajaran *kearifan lokal*, serta nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pendidikan karakter. Penulis menekankan pentingnya penggunaan pendekatan *collaborative learning* dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas, kerja sama, dan kesadaran siswa terhadap budaya dan nilai lokal. Buku ini dilengkapi dengan hasil penggunaan perangkat pembelajaran, yang menunjukkan dampak positif terhadap siswa kelas IV SD. Dengan pendekatan yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi guru, pendidik, dan pembelajar yang ingin mengintegrasikan nilai lokal dalam proses pembelajaran.
Dunia pendidikan harus lebih peka terhadap berbagai perubahan yang terjadi di tengah masyarakat Penurunan nilai nilai karakter bangsa yang terjadi menjadi keprihatinan semua kalangan terlebih para praktisi pendidikan Pendidikan memegang peranan penting dalam membangun kecerdasan sekaligus dalam membangun karakter siswa agar lebih baik lagi Guru sebagai praktisi pendidikan pun perlu memiliki perangkat pembelajaran yang sesuai untuk turut serta dalam membangun karakter bangsa ini Buku ini cocok untuk guru yang ingin membuat perangkat collaborative learning berbasis kearifan lokal Di dalamnya dipaparkan langkah langkah menyusun perangkat untuk membangun karakter siswa khususnya karakter kreatif dan bersahabat
| Jumlah Halaman | 156 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-272-965-0 |
| eISBN |