Pemerintah dalam segala tingkatan otoritasnya memerlukan perangkat manajemen yang efektif untuk menjalankan birokrasi Reformasi birokrasi juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek aspek kelembagaan organisasi ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur Reformasi birokrasi merupakan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien Reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara Buku ini memberikan ide dan gagasan dalam bentuk metode guna membangun keselarasan dalam menjalankan kegiatan birokrasi pada organisasi pemerintah melalui proses bisnis Kementerian lembaga pemerintah daerah perlu bekerja secara efektif dan efisien di bawah kepemimpinan yang kuat dan bersih sesuai dengan proses bisnis yang telah disusun Selanjutnya Standar Operasional Prosedur SOP menjadi acuan bagi setiap unit kerja dalam instansi pemerintah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara benar dan selaras Buku ini secara sistematis membahas bagaimana SOP instansi pemerintah perlu disusun berdasarkan peta proses bisnis yang merupakan amanat dari peraturan perundangan yang ada Karena itu reformasi birokrasi diharapkan dapat terbantu melalui paparan materi dalam buku ini Pemerintah dalam segala tingkatan otoritasnya memerlukan perangkat manajemen yang efektif untuk menjalankan birokrasi Reformasi birokrasi juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek aspek kelembagaan organisasi ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur Reformasi birokrasi merupakan penataan ...terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien Reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara Buku ini memberikan ide dan gagasan dalam bentuk metode guna membangun keselarasan dalam menjalankan kegiatan birokrasi pada organisasi pemerintah melalui proses bisnis Kementerian lembaga pemerintah daerah perlu bekerja secara efektif dan efisien di bawah kepemimpinan yang kuat dan bersih sesuai dengan proses bisnis yang telah disusun Selanjutnya Standar Operasional Prosedur SOP menjadi acuan bagi setiap unit kerja dalam instansi pemerintah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara benar dan selaras Buku ini secara sistematis membahas bagaimana SOP instansi pemerintah perlu disusun berdasarkan peta proses bisnis yang merupakan amanat dari peraturan perundangan yang ada Karena itu reformasi birokrasi diharapkan dapat terbantu melalui paparan materi dalam buku ini