Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan konsep dan aplikasi penyetaraan vertikal dalam pengukuran pendidikan, dengan pendekatan klasik dan Teori Respons Item (Item Response Theory atau IRT). Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas secara mendalam tentang pentingnya metode penyetaraan dalam memantau perkembangan kemampuan kognitif siswa dalam suatu program pendidikan. Pembahasan dimulai dari konsep dasar pengukuran pendidikan, termasuk validitas dan reliabilitas tes, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai berbagai metode penyetaraan vertikal dan contoh aplikasinya dalam estimasi perkembangan kognitif siswa. Buku ini sangat relevan sebagai referensi bagi guru dan mahasiswa calon guru dalam melakukan pengukuran hasil belajar secara akurat dan efektif.
Penilaian yang dilakukan guru adalah kegiatan yang mencakup semua cara yang digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa Penilaian yang baik memerlukan data yang benar sehingga perlu didukung oleh proses pengukuran yang baik Mardapi 2008 5
Jumlah Halaman | 154 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-0755-6 |
eISBN | 978-623-02-0782-2 |