Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan pentingnya pendidikan dalam kehidupan seseorang dan peran pendidikan dalam pengembangan diri, masyarakat, bangsa, dan negara. Dalam bab pertama, buku ini membahas definisi pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk secara aktif mengembangkan potensi diri, termasuk kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk kehidupan yang lebih baik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa pendidikan bukan hanya sekadar proses mengetahui sesuatu yang baru, tetapi juga proses belajar untuk memecahkan masalah dan berkontribusi pada kemajuan kehidupan diri dan lingkungannya. Pendekatan ini mengacu pada konsep belajar untuk mengetahui (learning how to know), belajar untuk memecahkan masalah (learning how to solve problems), dan belajar untuk hidup (learning to live). Buku ini juga menghadirkan pendapat para ahli seperti Kleis (1974) dan UNESCO (1975), yang menekankan bahwa pendidikan adalah pengalaman yang memungkinkan seseorang atau kelompok memahami sesuatu yang sebelumnya tidak ia ketahui. Interaksi antara individu atau kelompok dengan lingkungan menjadi faktor penting dalam proses pendidikan tersebut. Dengan konsep yang jelas dan relevan, buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pendidikan dalam membentuk diri, memecahkan masalah, dan meningkatkan kualitas hidup seseorang serta lingkungannya.
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita Karena dengan pendidikan generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yang unggul sesuai harapan bangsa dan negar Pentingnya pendidikan tersebut dalm kehidupan kita maka setiap anak mempunyai hak yanag sama dalam mendapatkan pendidikan Jalur pendidikan sendiri terdiri dari pendidikan Formal In Formal dan Non Formal Dimana setiap jalur pendidikan ini memegang peranan yang sangat penting dan setiap lulurannya mempunyai kesamaan pengakuan dari Negara tiggal bagaimankeinginan dan minat kita untuk memasukinya Indonesia sendiri mengharuskan setiap anak untuk menempuh pendidikan sembilan tahun yaitu SD dan SMP Dimana itu merupakan hak setiap anak untuk mendapatkan pendidikan tidak terkecuali sesuai dengan undang undang dan Konvensi hak anak
Jumlah Halaman | 48 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kenanga Pustaka Indonesia |
Tahun Terbit | 2009 |
ISBN | 978-623-7359-48-7 |
eISBN | 978-623-7467-27-4 |