Sinopsis: Buku ini membahas tentang pengembangan lembar kerja pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing sebagai upaya meningkatkan literasi sains siswa. Penulis menjelaskan pentingnya pembelajaran IPA yang mampu memberikan arti dan pemahaman proses sains kepada peserta didik, dengan tujuan agar mereka dapat menghubungkan konsep-konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari serta mendorong mereka untuk mengkonstruksikan pemahaman mereka sendiri. Berdasarkan hasil observasi di MTSN 2 Kota Bima, diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep IPA ke dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan konsep dasar sains dan teknologi oleh guru, yang berdampak pada rendahnya literasi sains siswa. Literasi sains dianggap sebagai kunci untuk menghadapi tantangan di abad 21. Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dilengkapi dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan mempresentasikan data dari hasil penelitian. Buku ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi peneliti, guru, dan praktisi pendidikan yang ingin menggunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Buku monograf ini disusun untuk menambah informasi bagi peneliti guru dan praktisi pendidikan yang ingin menggunakan model Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Siswa Buku monograf ini di susun berdasarkan hasil penelitian penulis di MTSN 2 Kota Bima isi buku monograf dilengkapi dengan cara mengambil data analisis data dan data yang didapatkan dari hasil penelitian
Jumlah Halaman | 62 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-249-0 |
eISBN | proses |