Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui implementasi desain pembelajaran *Assure*. Penulis menjelaskan secara mendalam tentang konsep dan langkah-langkah desain pembelajaran *Assure*, yang merupakan pendekatan sistematis dalam merancang proses pembelajaran yang efektif. Buku ini juga menyajikan hasil implementasi desain *Assure* di kelas VIII SMPN 46 Bandung, serta analisis terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, pendidik, dan penyelenggara pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam.
Keterampilan Higher Order Thinking Skills HOTS merupakan kecakapan abad 21 secara global yang harus dimiliki peserta didik salah satunya menumbuhkan critical thinking Pembekalan kemampuan critical thinking peserta didik harus ditumbuhkembangkan oleh guru melalui proses pembelajaran dengan menggunakan sebuah formulasi desain pembelajaran yang komprehensif dan tepat sasaran Hal ini bisa melalui formulasi desain pembelajaran ASSURE Penggunaan desain pembelajaran disertai pemilihan metode yang tepat dan komponen lainnya dapat membantu guru dalam membelajarkan peserta didik sesuai dengan arah dan tujuan yang ditetapkan terlebih dalam meningkatkan kemampuan critical thinking peserta didik Jika guru menggunakan desain pembelajaran yang tidak tepat dengan penerapan metode yang tidak variatif maka dapat menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap proses dan pencapaian tujuan pembelajaran Namun bagaimana implementasi desain pembelajaran ASSURE dan peningkatan kemampuan critical thinking peserta didik Anda akan menemukannya di dalam karya ini Paparan yang disajikan komprehensif dilengkapi dengan perhitungan dan analisis data buku ini cocok dan sangat penting dibaca oleh para pendidik khususnya guru SMP sederajat pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam praktisi pendidikan peneliti mahasiswa dan masyarakat pembelajar
Jumlah Halaman | 232 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6872-20-8 |
eISBN |