Logo Bacabuku
PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang konsep, tujuan, fungsi, prinsip, serta implementasi penilaian dalam pembelajaran bahasa Arab. Mulai dari penjelasan tentang tujuan umum dan khusus penilaian, hingga fungsi penilaian dalam proses belajar mengajar, buku ini memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya penilaian dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Buku ini juga menjelaskan prinsip-prinsip penilaian yang harus diperhatikan dalam pengembangan instrumen penilaian, serta hubungan antara penilaian dan pembelajaran yang saling mendukung. Selanjutnya, buku ini membahas standar penilaian pendidikan, termasuk pengertian, ruang lingkup, dan tujuan penilaian, yang menjadi dasar dalam merancang instrumen penilaian yang efektif dan valid. Di bagian selanjutnya, buku ini menjelaskan langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga tindak lanjut, yang dilengkapi dengan berbagai indikator kualitas instrumen seperti validitas butir, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya beda butir, dan keberfungsian distraktor. Dalam hal ini, buku ini juga memberikan kriteria instrumen penilaian yang baik sebagai acuan para pengembang instrumen. Buku ini juga memperkenalkan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik teknik tes maupun non tes. Teknik penilaian non tes seperti penilaian unjuk kerja, portofolio, produk, proyek, dan afektif dibahas secara mendalam, dengan penekanan pada pentingnya penggunaan teknik non tes dalam mengukur aspek non kognitif yang sering diabaikan. Sementara itu, teknik tes seperti tes objektif dan tes essay juga dibahas, termasuk kelebihan dan kelemahannya, serta rekomendasi untuk penggunaan yang optimal. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai pendekatan dalam penilaian bahasa, seperti pendekatan diskrit, integratif, pragmatik, komunikatif, dan otentik. Pendekatan-pendekatan ini menjadi dasar dalam merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik bahasa Arab. Dengan demikian, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para guru, dosen, dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan penilaian yang efektif, valid, dan berorientasi pada pembelajaran bahasa Arab yang komprehensif.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang konsep, tujuan, fungsi, prinsip, serta implementasi penilaian dalam pembelajaran bahasa Arab. Mulai dari penjelasan tentang tujuan umum dan khusus penilaian, hingga fungsi penilaian dalam proses belajar mengajar, buku ini memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya penilaian dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Buku ini juga menjelaskan prinsip-prinsip penilaian yang harus diperhatikan dalam pengembangan instrumen penilaian, serta hubungan antara penilaian dan pembelajaran yang saling mendukung. Selanjutnya, buku ini membahas standar penilaian pendidikan, termasuk pengertian, ruang lingkup, dan tujuan penilaian, yang menjadi dasar dalam merancang instrumen penilaian yang efektif dan valid. Di bagian selanjutnya, buku ini menjelaskan langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga tindak lanjut, yang dilengkapi dengan berbagai indikator kualitas instrumen seperti validitas butir, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya beda butir, dan keberfungsian distraktor. Dalam hal ini, buku ini juga memberikan kriteria instrumen penilaian yang baik sebagai acuan para pengembang instrumen. Buku ini juga memperkenalkan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik teknik tes maupun non tes. Teknik penilaian non tes seperti penilaian unjuk kerja, portofolio, produk, proyek, dan afektif dibahas secara mendalam, dengan penekanan pada pentingnya penggunaan teknik non tes dalam mengukur aspek non kognitif yang sering diabaikan. Sementara itu, teknik tes seperti tes objektif dan tes essay juga dibahas, termasuk kelebihan dan kelemahannya, serta rekomendasi untuk penggunaan yang optimal. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai pendekatan dalam penilaian bahasa, seperti pendekatan diskrit, integratif, pragmatik, komunikatif, dan otentik. Pendekatan-pendekatan ini menjadi dasar dalam merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik bahasa Arab. Dengan demikian, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para guru, dosen, dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan penilaian yang efektif, valid, dan berorientasi pada pembelajaran bahasa Arab yang komprehensif.

Detail Buku

Jumlah Halaman 1750
Kategori Bahasa Dan Sastra
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2017
ISBN 978-602-61513-0-8
eISBN
PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Dr. H. Abdul Munip, M.Ag