Guru perlu memiliki kompetensi yang cukup dalam merencanakan pembelajaran melaksanakan pembelajaran dan menilai pembelajaran Tiga kompetensi ini harus seimbang dan harus dikuasai betul oleh guru Perencanaan pembelajaran yang baik akan menjadi acuan yang baik pula bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Kemudian guru menilai pembelajaran sehingga akan diketahui profil prestasi atau hasil belajar anak berkebutuhan khusus dan juga akan diketahui sampai sejauh mana ketercapaian tujuan program pembelajaran yang telah disusun dan dilaksanakannya Untuk kepentingan itulah seyogyanya guru harus memahami secara mendalam mengenai penilaian pembelajaran karena hal ini adalah bagian penting dari pelaksanaan tugasnya atau profesinya Dan sebagai guru profesional maka akan merancang melaksankan dan menilai serta mengevaluasi pembelajaran bagi semua anak dengan hati sepenuh hati senang hati dan hati hati sehingga bisa memilih dan memilah ramah dan tidak mendiskriminasi Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan bahan acuan atau bahan pengayaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dan praktisi lainnya seperti pengawas sekolah kepala sekolah dan guru baik itu guru kelas guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling atau konselor yang mengajar atau membimbing anak berkebutuhan khusus pada satuan pendidikan khusus satuan pendidikan umum dan satuan pendidikan kejuruan yang menyelenggarakan pendidikan inklusif Guru perlu memiliki kompetensi yang cukup dalam merencanakan pembelajaran melaksanakan pembelajaran dan menilai pembelajaran Tiga kompetensi ini harus seimbang dan harus dikuasai betul oleh guru Perencanaan pembelajaran yang baik akan menjadi acuan yang baik pula bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Kemudian guru menilai pembelajaran sehingga akan diketahui profil prestasi atau hasil ...belajar anak berkebutuhan khusus dan juga akan diketahui sampai sejauh mana ketercapaian tujuan program pembelajaran yang telah disusun dan dilaksanakannya Untuk kepentingan itulah seyogyanya guru harus memahami secara mendalam mengenai penilaian pembelajaran karena hal ini adalah bagian penting dari pelaksanaan tugasnya atau profesinya Dan sebagai guru profesional maka akan merancang melaksankan dan menilai serta mengevaluasi pembelajaran bagi semua anak dengan hati sepenuh hati senang hati dan hati hati sehingga bisa memilih dan memilah ramah dan tidak mendiskriminasi Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan bahan acuan atau bahan pengayaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dan praktisi lainnya seperti pengawas sekolah kepala sekolah dan guru baik itu guru kelas guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling atau konselor yang mengajar atau membimbing anak berkebutuhan khusus pada satuan pendidikan khusus satuan pendidikan umum dan satuan pendidikan kejuruan yang menyelenggarakan pendidikan inklusif