Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan praktik penilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yang merupakan pendekatan penilaian yang relevan dengan konteks pembelajaran dan kehidupan nyata peserta didik. Penulis menjelaskan hakikat, karakteristik, prinsip, tujuan, dan jenis-jenis penilaian otentik, serta memberikan contoh penilaian kinerja sebagai salah satu bentuk penilaian otentik yang efektif dalam memperoleh capaian pembelajaran pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Buku ini dirancang untuk mendukung pengembangan mata kuliah Evaluasi/Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia, sejalan dengan tuntutan kurikulum dan perkembangan keilmuan. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, pengelola kurikulum, dan calon guru yang ingin memahami dan menerapkan penilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara efektif dan berkelanjutan.
Orientasi pembelajaran bahasa Indonesia menekankan pada teks co teks dan konteks Oleh sebab itu diperlukan evaluasi atau penilaian yang tepat digunakan untuk memperoleh capaian pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kognitif afektif dan psikomotorik Ketiga aspek sering tidak selaras pada implementasi lebih banyak aspek kognitif diperhatikan oleh guru dari pada aspek afektif dan aspek psikomotorik Hal inilah membuat siswa hebat dalam tataran teoretis tetapi tidak ada perubahan mental afektif dan keterampilan psikomotorik
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-834-6 |
eISBN | proses |