Orientasi pembelajaran bahasa Indonesia menekankan pada teks co teks dan konteks Oleh sebab itu diperlukan evaluasi atau penilaian yang tepat digunakan untuk memperoleh capaian pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kognitif afektif dan psikomotorik Ketiga aspek sering tidak selaras pada implementasi lebih banyak aspek kognitif diperhatikan oleh guru dari pada aspek afektif dan aspek psikomotorik Hal inilah membuat siswa hebat dalam tataran teoretis tetapi tidak ada perubahan mental afektif dan keterampilan psikomotorik Orientasi pembelajaran bahasa Indonesia menekankan pada teks co teks dan konteks Oleh sebab itu diperlukan evaluasi atau penilaian yang tepat digunakan untuk memperoleh capaian pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kognitif afektif dan psikomotorik Ketiga aspek sering tidak selaras pada implementasi lebih banyak aspek kognitif diperhatikan oleh guru dari pada aspek afektif ...dan aspek psikomotorik Hal inilah membuat siswa hebat dalam tataran teoretis tetapi tidak ada perubahan mental afektif dan keterampilan psikomotorik