Logo Bacabuku
Penilaian Konseling Kelompok

Penilaian Konseling Kelompok

Dina Hajja Ristianti; Irwan Fathurrochman
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku Penilaian Konseling Kelompok Buku ini merupakan hasil penelitian dan kompilasi dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam bidang ilmu Konseling Kelompok, terutama dalam ranah pendidikan dan sosial. Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan keilmuan dalam lingkup Konseling Kelompok, khususnya dalam hal penilaian yang belum memiliki instrumen baku sebelumnya. Penulis berharap buku ini dapat menjadi acuan dan pedoman bagi para konselor serta setiap pihak yang terlibat dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Buku ini terdiri dari sembilan bab yang membahas berbagai aspek terkait Penilaian Konseling Kelompok, meliputi Konsep Dasar Konseling Kelompok, Konsep Dasar Penilaian dalam Konseling Kelompok, Perkembangan Penilaian Konseling Kelompok, Metode Pengembangan Instrumen Penilaian, serta berbagai instrumen penilaian yang telah dikembangkan. Di bagian akhir, buku ini juga menyediakan Panduan Penggunaan Instrumen Penilaian Konseling Kelompok, yang dirancang untuk menjadi instrumen penilaian yang baku, komprehensif, dan berbasis bukti. Dengan penyajian yang terstruktur dan mendalam, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan Konseling Kelompok melalui penilaian yang sistematis dan berkelanjutan. Buku ini dipersembahkan kepada keluarga penulis, serta diharapkan dapat menjadi referensi utama bagi perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Bimbingan dan Konseling.

Sinopsis ebook

Konseling kelompok sebagai sebuah layanan bimbingan dan konseling hingga saat ini belum memiliki instrumen baku dalam menilai kegiatannya Buku referensi ini dirancang untuk mengembangkan instrumen penilaian konseling kelompok Secara khusus buku ini mengangkat validitas isi validitas empiris dan reliabilitas internal instrumen penilaian konseling kelompok Panduan penggunaan instrumen dirancang untuk mengungkapkan instrumen penilaian konseling kelompok secara efektif untuk menilai kegiatan konseling kelompok pada lembaga pendidikan mulai dari tingkat sekolah menengah hingga pendidikan tinggi Hasil pengembangan instrumen penilaian konseling kelompok yang dikembangkan oleh penulis menunjukkan bahwa instrumen penilaian guru pembimbing dalam kegiatan konseling kelompok memiliki syarat instrumen yang baik di mana validitas dan reliabilitas instrumen yang baik praktis digunakan dan memiliki pedoman dalam melaksanakan penilaian Dari itu diharapkan bagi guru pembimbing yang aktif dalam dunia konseling sebagai konselor dapat menggunakan instrumen penilaian konseling kelompok dalam buku ini sebagai referensi dalam menilai kegiatan konseling kelompok yang telah dilakukan

Detail Buku

Jumlah Halaman 194
Kategori Psikologi
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-02-1472-1
eISBN 978-623-02-1576-6
Penilaian Konseling Kelompok

Penilaian Konseling Kelompok

Dina Hajja Ristianti; Irwan Fathurrochman