Logo Bacabuku
Penilaian Autentik

Penilaian Autentik

Ridwan Abdullah Sani
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif tentang penilaian autentik dalam konteks kurikulum berbasis kompetensi, terutama dalam implementasi Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Buku ini menjelaskan secara mendalam konsep penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta berbagai metode dan teknik penilaian yang relevan untuk menilai kualitas pendidikan secara holistik. Dalam bab-babnya, buku ini membahas karakteristik, instrumen, dan teknik penilaian untuk setiap aspek pembelajaran, termasuk penilaian diri, penilaian sikap dengan lembar observasi, penilaian praktik, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Penulis juga menyajikan contoh-contoh instrumen penilaian yang dapat digunakan oleh guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian yang autentik dan efektif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tahapan pengembangan instrumen penilaian, taksonomi berpikir, keterampilan proses sebagai hasil belajar, serta analisis dan pelaporan hasil belajar. Buku ini dirancang untuk membantu pendidik dan calon pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penilaian yang sesuai dengan standar Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dengan pendekatan yang praktis dan teoretis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi guru, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan penilaian yang berkualitas dalam dunia pendidikan.

Sinopsis ebook

Buku ini membahas tentang penilaian autentik yang seharusnya digunakan dalam impelementasi kurikulum berbasis kompetensi Penilaian yang dibahas mencakup penilaian sikap penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan Jenis penilaian autentik yang dibahas secara mendalam adalah penilaian diri penilaian sikap menggunakan lembar observasi penilaian praktik penilaian proyek dan penilaian portofolio Beberapa contoh instrumen penilaian diberikan untuk mempermudah guru dalam mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya Pembahasan tentang analisis soal pilihan berganda juga dipaparkan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian dan juga bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membuat soal pilihan ganda yang berkualitas Buku ini juga membahas tentang beberapa teori taksonomi yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk memberikan dasar dalam penyusunan kisi kisi dan instrumen penilaian yang relevan untuk domain afektif kognitif dan psikomotor Kajian ini dapat digunakan untuk penilaian dalam impelementasi KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 yang merupkan kurikulum berbasis kompetensi

Detail Buku

Jumlah Halaman 388
Kategori Pendidikan
Penerbit Bumi Aksara
Tahun Terbit 2016
ISBN 978-602-217-577-3
eISBN
Penilaian Autentik

Penilaian Autentik

Ridwan Abdullah Sani