Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam konteks kurikulum 2013, khususnya dalam pendidikan menengah (SMA/MA). Buku ini bertujuan untuk memandu guru dan siswa dalam memahami pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran, serta bagaimana karakteristik peserta didik dapat dikembangkan melalui pendekatan yang holistik, integratif, dan berbasis kompetensi. Dalam buku ini, dibahas tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan karakter, serta peran penting kurikulum 2013 dalam membentuk generasi Indonesia yang produktif, inovatif, dan kreatif. Selain itu, juga dijelaskan berbagai perubahan mindset dalam pembelajaran, seperti pendekatan berbasis peserta didik, pembelajaran interaktif, pembelajaran berbasis proyek, dan penguatan potensi peserta didik secara individual. Buku ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah, guru, siswa, dan masyarakat dalam mendukung pembentukan karakter peserta didik. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis teori, buku ini menjadi panduan yang relevan bagi para pendidik dan pelaku pendidikan dalam mewujudkan pendidikan karakter yang efektif dan berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam konteks kurikulum 2013, khususnya dalam pendidikan menengah (SMA/MA). Buku ini bertujuan untuk memandu guru dan siswa dalam memahami pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran, serta bagaimana karakteristik peserta didik dapat dikembangkan melalui pendekatan yang holistik, integratif, dan berbasis kompetensi. Dalam buku ini, dibahas tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan karakter, serta peran penting kurikulum 2013 dalam membentuk generasi Indonesia yang produktif, inovatif, dan kreatif. Selain itu, juga dijelaskan berbagai perubahan mindset dalam pembelajaran, seperti pendekatan berbasis peserta didik, pembelajaran interaktif, pembelajaran berbasis proyek, dan penguatan potensi peserta didik secara individual. Buku ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah, guru, siswa, dan masyarakat dalam mendukung pembentukan karakter peserta didik. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis teori, buku ini menjadi panduan yang relevan bagi para pendidik dan pelaku pendidikan dalam mewujudkan pendidikan karakter yang efektif dan berkelanjutan.