Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)* sebagai upaya untuk meningkatkan karakter peserta didik melalui berbagai kebijakan dan strategi yang diterapkan oleh Pemerintah, khususnya di Kabupaten Kulon Progo. Buku ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam mempelajari pelaksanaan Program PPK di wilayah tersebut. Dalam buku ini, penulis menjelaskan pengertian karakter, pendidikan karakter, serta pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk nilai-nilai yang baik dan bermoral bagi peserta didik. Buku ini juga membahas strategi pelaksanaan PPK baik di tingkat Kementerian Pendidikan, Daerah, maupun Satuan Pendidikan, termasuk peran serta dukungan yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut. Selain itu, buku ini juga menyajikan indikator-indikator yang digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan PPK, serta contoh *best practice* dari program PendekarKU yang merupakan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Kulon Progo. Program PendekarKU mengintegrasikan 20 nilai karakter menjadi lima nilai utama, yaitu *religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas*, dengan prioritas pada nilai religius dan semangat kebangsaan. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi berbagai pihak, seperti guru, kepala sekolah, orang tua, dan pemangku kebijakan, dalam memperkuat pendidikan karakter sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter peserta didik yang lebih baik.
Buku ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang penulis lakukan dalam mengevaluasi pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter PPK di Kabupaten Kulon Progo Pendidikan Karakter Kulon Progo PendekarKU merupakan inovasi pelayanan publik dari Di
Jumlah Halaman | 61 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bintang Pustaka Madani |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6786-33-8 |
eISBN | 978-623-6143-68-1 |