Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya penguatan *employability* (kemampuan bekerja) dan *entrepreneurability* (kemampuan berwirausaha) pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya di rumpun Bisnis dan Manajemen. Dalam konteks revitalisasi SMK yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2019, buku ini menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMK agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih siap menghadapi tuntutan pasar kerja dan dunia usaha. Buku ini juga menggali kajian tentang kebijakan moratorium yang diterapkan terhadap beberapa program studi SMK karena dinilai tidak relevan dengan kebutuhan tenaga kerja. Sebagai solusi, pemerintah mengembangkan model pembelajaran berbasis *Teaching Factory (TF)* yang menjadi bagian dari strategi revitalisasi SMK. Penulis memaparkan hasil kajian terhadap para lulusan SMK tahun 2019 di rumpun Bisnis dan Manajemen, yang menunjukkan pandangan mereka terhadap pembelajaran berbasis TF yang telah mereka ikuti. Dengan pendekatan ilmiah dan berbasis data, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pembelajaran berbasis TF dapat memperkuat minat berwirausaha dan kesiapan kerja para lulusan SMK, serta bagaimana SMK dapat berperan lebih efektif dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di tengah dinamika perekonomian nasional. Buku ini menjadi referensi penting bagi para pemangku kepentingan, termasuk sekolah, guru, dunia usaha, dan para siswa SMK.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya penguatan *employability* (kemampuan bekerja) dan *entrepreneurability* (kemampuan berwirausaha) pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya di rumpun Bisnis dan Manajemen. Dalam konteks revitalisasi SMK yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2019, buku ini menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMK agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih siap menghadapi tuntutan pasar kerja dan dunia usaha. Buku ini juga menggali kajian tentang kebijakan moratorium yang diterapkan terhadap beberapa program studi SMK karena dinilai tidak relevan dengan kebutuhan tenaga kerja. Sebagai solusi, pemerintah mengembangkan model pembelajaran berbasis *Teaching Factory (TF)* yang menjadi bagian dari strategi revitalisasi SMK. Penulis memaparkan hasil kajian terhadap para lulusan SMK tahun 2019 di rumpun Bisnis dan Manajemen, yang menunjukkan pandangan mereka terhadap pembelajaran berbasis TF yang telah mereka ikuti. Dengan pendekatan ilmiah dan berbasis data, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pembelajaran berbasis TF dapat memperkuat minat berwirausaha dan kesiapan kerja para lulusan SMK, serta bagaimana SMK dapat berperan lebih efektif dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di tengah dinamika perekonomian nasional. Buku ini menjadi referensi penting bagi para pemangku kepentingan, termasuk sekolah, guru, dunia usaha, dan para siswa SMK.
Jumlah Halaman | 322 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Kaizen Sarana Edukasi |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-92446-0-6 |
eISBN |