Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penggunaan media berbasis visual dalam pembelajaran IPA di tingkat Sekolah Dasar (SD). Buku ini dirancang untuk menjadi panduan dan masukan bagi para guru, khususnya guru SD, dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Media berbasis visual, yang hanya mengandalkan indera penglihatan, memiliki manfaat besar dalam mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Buku ini menjelaskan berbagai teori belajar yang mendukung penggunaan media visual, seperti teori belajar bermakna menurut Ausubel dan teori belajar menurut Bruner. Selain itu, buku ini juga membahas konsep peristiwa alam seperti gempa bumi, letusan gunung, tanah longsor, dan banjir, serta dampak-dampaknya, dengan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan media audio visual. Buku ini dilengkapi dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan lembar evaluasi untuk mendukung proses pembelajaran yang komprehensif. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para guru untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Mata pelajaran IPA sangat penting untuk dipelajari khususnya pada jeojang Sekolah Dasar SD yang merupakan dasar bagi pembentukan dan pengembangan potensi serta karakter siswa Mata pelajaran IPA dapat memberikan pemahaman kepada siswa mengenai alam fenomena beserta gejala gejala yang terjadi di dalamnya Hal yang tak kalah penting adalah IPA dapat mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari Mengingat pentingnya mata pelajaran IPA maka dalam membelajarkan IPA kepada siswa tidak dibenarkan jika dilaksanakan secara asal asalan Guru harus mampu menciptakan pembelajaran IPA yang efektif kreatif dan bermakna bagi siswa agar esensi dari pendidikan IPA dapat dikembangkan pada diri siswa dan memperoleh hasil belajar yang optimal Melalui pembelajaran tersebut diharapkan menghasilkan siswa yang tidak hanya menguasai pengetahuan IPA tetapi lebih dari itu siswa dapat mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah serta mampu mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari hari Buku ini membahas tentang media berbasis visual dalam pembelajaran IPA di SD denganharapan dapat menjadi masukan bagi para guru terutama guru SD sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas Semoga bermanfaat
| Jumlah Halaman | 68 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2018 |
| ISBN | 978-602-468-586-7 |
| eISBN |