Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penggunaan *jarimatika* dalam pembelajaran perkalian di Sekolah Dasar (SD). Penulis, Lita Melati Sari, menjelaskan bahwa matematika, khususnya perkalian, sering dianggap sulit dan menakutkan oleh siswa. Hal ini disebabkan oleh metode pengajaran yang konvensional yang cenderung mengandalkan hafalan dan pencongakan. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menawarkan pendekatan alternatif berupa *jarimatika*, yaitu teknik perhitungan menggunakan jari yang dapat meningkatkan pemahaman siswa secara lebih konkrit dan menyenangkan. Buku ini juga menyajikan latar belakang penggunaan *jarimatika*, keunggulan teknik tersebut, serta bentuk formasi jari yang digunakan dalam praktiknya. Selain itu, penulis menjelaskan secara rinci tentang pembelajaran perkalian dengan *jarimatika*, termasuk deskripsi lokasi penelitian, proses tindakan, hasil penelitian, dan dampaknya terhadap kemampuan akademik siswa. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru, orang tua, dan calon pengajar yang ingin mengembangkan metode pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menarik.
Matematika sering dianggap materi yang sulit bagi sebagian siswa SD terutama perkalian Berhitung dalam matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa SD karena pelajaran itu nantinya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari hari Oleh karena itu diperlukan metode pendekatan strategi teknik dalam pembelajaran oleh seorang guru Salah satunya dengan menggunakan Jarimatika Buku ini berisi pengalaman penulis menggunakan teknik Jarimatika dalam pelajaran matematika Sebuah buku yang wajib dibaca oleh guru terutama guru SD yang akan mulai mengajarkan cara berhitung pada siswa Bagi orang tua yang ingin membantu anaknya pintar dalam matematika juga perlu memiliki buku ini Selain sangat mudah digunakan Jarimatika sangat menyenangkan digunakan dalam pembelajaran Penggunaan Jarimatika dalam materi perkalian membuat pelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan Siswa menjadi bersemangat bermotivasi serta ikut aktif dalam proses belajar mengajar Kondisi kelas yang menyenangkan dapat membantu siswa untuk lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru Matematika tidak lagi menjadi pelajaran yang menakutkan dan menyulitkan tetapi pelajaran yang menyenangkan bagi siswa Buktikan
| Jumlah Halaman | 66 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2018 |
| ISBN | 978-602-482-461-7 |
| eISBN |