Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang baterai penyimpanan, terutama dalam konteks penggunaan pada kendaraan mobil. Mulai dari penjelasan dasar tentang sumber energi listrik dan penyimpanannya, buku ini menjelaskan konsep-konsep seperti kapasitor, sel galvanis primer, dan sel galvanis sekunder (baterai penyimpanan). Selanjutnya, buku ini mengeksplorasi prinsip dasar pengoperasian baterai penyimpanan, termasuk proses elektrokimia dalam baterai timah, pembentukan, resistansi internal, kapasitas ampere-jam (Ah), dan berbagai aspek teknis terkait pengisian dan penggunaan baterai. Buku ini juga menjelaskan konstruksi baterai penyimpanan secara rinci, mencakup komponen-komponen utama seperti kotak baterai, elemen-elemen, penyekat, penghubung sel, terminal, dan sistem ventilasi. Selain itu, buku ini membahas berbagai jenis baterai penyimpanan, termasuk baterai starter dengan saluran pengeluaran, baterai dengan penghubung terminal, dan baterai starter jenis āSā. Dengan bahasa yang jelas dan struktur yang terorganisir, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi siswa SMK, mahasiswa teknik, dan masyarakat umum yang tertarik untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang otomotif, khususnya dalam pengelolaan dan pemahaman tentang baterai mobil.
Baterai mobil merupakan alat yang menyimpan energi untuk menyuplai sistem kelistrikan mobil seperti untuk menghidupkan mobil saat awal atau melakukan starter sistem pengapian sistem listrik bodi dan penerangan sistem instrumen mobil sistem kelistrikan AC sistem wiper sistem listrik power windows sistem audio dan sistem kelistrikan lainnya Baterai terdiri dari beberapa komponen antara lain kotak baterai kover baterai terminal baterai elektrolit baterai lubang elektrolit baterai tutup baterai dan sel baterai Dalam satu baterai terdiri dari beberapa sel baterai dan tiap sel menghasilkan tegangan 2 2 1 V Baterai juga dapat diisi arus listrik kembali Secara sederhana baterai merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4 Umur baterai dapat mencapai lebih dari tiga tahun jika pemakaian baterai secara benar dan dilakukan servis perawatan baterai secara teratur Buku ini membahas secara detail mengenai baterai aki accumulator mobil secara teori umum dan praktik perawatan pemeliharaan baterai Buku ini merupakan buku revisi dari edisi sebelumnya dengan beberapa koreksi dan tambahan materi
Jumlah Halaman | 108 |
---|---|
Kategori | Teknik dan Arsitektur |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-444-482-2 |
eISBN | 978-623-328-058-7 |