Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan keterampilan berbicara (speaking skills) dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode mendongeng dengan pendekatan pemodelan dalam VCD. Penulis, Tantri Listyowati, S.Pd, menjelaskan bagaimana guru dapat memanfaatkan teknik pemodelan yang dipadukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan berbicara siswa di kelas awal jenjang pendidikan menengah pertama. Pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif memerlukan pendekatan yang interaktif dan kreatif, bukan hanya mengandalkan metode konvensional seperti menuliskan vocabulary di papan tulis dan siswa menyalinnya. Dengan pendekatan mendongeng, siswa lebih terlibat secara emosional dan kognitif, sehingga memfasilitasi pengembangan kemampuan berbicara secara alami dan menyenangkan. Buku ini juga menekankan pentingnya penggunaan Bahasa Inggris secara langsung dalam pembelajaran, yaitu melalui scaffolding talk dan penggunaan bahasa yang menyertai tindakan (language accompanying action), agar siswa dapat terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks nyata. Dengan metode ini, siswa tidak hanya menghafal, tetapi memahami dan menerapkan Bahasa Inggris secara aktif. Pada akhirnya, buku ini memberikan panduan praktis dan terstruktur bagi guru yang ingin menciptakan lingkungan pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan, kreatif, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara signifikan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan keterampilan berbicara (speaking skills) dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode mendongeng dengan pendekatan pemodelan dalam VCD. Penulis, Tantri Listyowati, S.Pd, menjelaskan bagaimana guru dapat memanfaatkan teknik pemodelan yang dipadukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan berbicara siswa di kelas awal jenjang pendidikan menengah pertama. Pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif memerlukan pendekatan yang interaktif dan kreatif, bukan hanya mengandalkan metode konvensional seperti menuliskan vocabulary di papan tulis dan siswa menyalinnya. Dengan pendekatan mendongeng, siswa lebih terlibat secara emosional dan kognitif, sehingga memfasilitasi pengembangan kemampuan berbicara secara alami dan menyenangkan. Buku ini juga menekankan pentingnya penggunaan Bahasa Inggris secara langsung dalam pembelajaran, yaitu melalui scaffolding talk dan penggunaan bahasa yang menyertai tindakan (language accompanying action), agar siswa dapat terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks nyata. Dengan metode ini, siswa tidak hanya menghafal, tetapi memahami dan menerapkan Bahasa Inggris secara aktif. Pada akhirnya, buku ini memberikan panduan praktis dan terstruktur bagi guru yang ingin menciptakan lingkungan pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan, kreatif, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara signifikan.
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-639-745-4 |
eISBN |