Logo Bacabuku
Pengembangan Resiliensi dengan Konseling Sebaya, Sebuah Alternatif Penanganan Prokrastinasi Akademik

Pengembangan Resiliensi dengan Konseling Sebaya, Sebuah Alternatif Penanganan Prokrastinasi Akademik

Oon Suherti
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Pengembangan Resiliensi dengan Konseling Sebaya: Sebuah Alternatif Penanganan Prokrastinasi Akademik* mengupas tuntas permasalahan prokrastinasi akademik yang sering dihadapi oleh siswa, terutama di tingkat SMP. Buku ini menjelaskan konsep prokrastinasi akademik, penyebabnya, serta dampaknya terhadap hasil belajar. Selain itu, buku ini menawarkan solusi berupa pendekatan konseling sebaya (peer counseling) sebagai alternatif dalam membantu siswa mengatasi prokrastinasi. Konseling sebaya, meskipun dilakukan oleh teman sebaya yang bukan merupakan profesi konselor, tetap memiliki manfaat yang signifikan. Buku ini memaparkan definisi, tujuan, sasaran, manfaat, dan model konseling sebaya yang dapat diterapkan secara efektif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tahapan pelatihan calon konselor sebaya, pengorganisasian, dan pelaksanaan konseling sebaya. Dalam rangka meningkatkan resiliensi siswa, buku ini juga membahas konsep resiliensi, karakteristiknya, dan kemampuan dasar yang perlu dikembangkan. Buku ini dilengkapi dengan indikator keberhasilan konseling sebaya dan catatan hasil konseling yang dapat digunakan sebagai referensi dalam mengevaluasi efektivitas pendekatan ini. Buku ini merupakan karya tulis ilmiah yang ditulis oleh Oon Suherti, dan diterbitkan oleh CV. Pustaka MediaGuru pada tahun 2020. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis penelitian, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi pendidik, guru, dan pembelajar yang ingin memahami dan mengatasi prokrastinasi akademik melalui pendekatan konseling sebaya.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku *Pengembangan Resiliensi dengan Konseling Sebaya: Sebuah Alternatif Penanganan Prokrastinasi Akademik* mengupas tuntas permasalahan prokrastinasi akademik yang sering dihadapi oleh siswa, terutama di tingkat SMP. Buku ini menjelaskan konsep prokrastinasi akademik, penyebabnya, serta dampaknya terhadap hasil belajar. Selain itu, buku ini menawarkan solusi berupa pendekatan konseling sebaya (peer counseling) sebagai alternatif dalam membantu siswa mengatasi prokrastinasi. Konseling sebaya, meskipun dilakukan oleh teman sebaya yang bukan merupakan profesi konselor, tetap memiliki manfaat yang signifikan. Buku ini memaparkan definisi, tujuan, sasaran, manfaat, dan model konseling sebaya yang dapat diterapkan secara efektif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tahapan pelatihan calon konselor sebaya, pengorganisasian, dan pelaksanaan konseling sebaya. Dalam rangka meningkatkan resiliensi siswa, buku ini juga membahas konsep resiliensi, karakteristiknya, dan kemampuan dasar yang perlu dikembangkan. Buku ini dilengkapi dengan indikator keberhasilan konseling sebaya dan catatan hasil konseling yang dapat digunakan sebagai referensi dalam mengevaluasi efektivitas pendekatan ini. Buku ini merupakan karya tulis ilmiah yang ditulis oleh Oon Suherti, dan diterbitkan oleh CV. Pustaka MediaGuru pada tahun 2020. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis penelitian, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi pendidik, guru, dan pembelajar yang ingin memahami dan mengatasi prokrastinasi akademik melalui pendekatan konseling sebaya.

Detail Buku

Jumlah Halaman 46
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-272-570-6
eISBN
Pengembangan Resiliensi dengan Konseling Sebaya, Sebuah Alternatif Penanganan Prokrastinasi Akademik

Pengembangan Resiliensi dengan Konseling Sebaya, Sebuah Alternatif Penanganan Prokrastinasi Akademik

Oon Suherti