Sinopsis: Buku ini membahas tentang pengembangan produk kerajinan wastra melalui kesukaan konsumen. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep kerajinan, jenis-jenis kerajinan yang ada di Indonesia, serta peran wastra sebagai salah satu bentuk kerajinan tradisional yang memiliki nilai seni dan budaya tinggi. Selain itu, buku ini juga membahas inovasi dalam pengembangan produk kerajinan, termasuk inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi pemasaran. Penulis juga menjelaskan metode Kansei Engineering sebagai pendekatan dalam mengidentifikasi kesukaan dan kebutuhan konsumen dalam pengembangan produk wastra. Buku ini dilengkapi dengan pembahasan tentang inovasi wastra batik, wastra tenun, dan wastra jumputan, serta referensi pustaka yang mendukung penyusunan buku ini. Buku ini merupakan sumber informasi yang relevan bagi para pelaku usaha kerajinan, akademisi, dan pecinta seni dan budaya Indonesia.
Buku ini merupakan rangkaian hasil penelitian yang sudah penulis lakukan pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2022 yang didanai oleh DIPA Politeknik Negeri Samarinda Penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Politeknik Negeri Samarinda sehingga penulis bisa menerbitkan buku referensi untuk pertama kali Ucapan terima kasih juga penulis hantarkan untuk para penggiat produk kerajinan yang sudah bersedia untuk meluangkan waktunya pada saat proses penelitian berlangsung baik sebagai narasumber maupun sebagai responden sehingga menambah kaya tulisan ini terutama dalam bidang kerajinan yang sedang berkembang saat ini
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Ekonomi |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-188-2 |
eISBN | proses |