Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, perkembangan, dan penyelenggaraan pendidikan inklusif dalam konteks pendidikan di Indonesia. Buku ini dilengkapi dengan berbagai topik yang relevan, seperti peran guru, keluarga, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya identifikasi dini anak berkebutuhan khusus serta upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif melalui pendekatan psikologi, agama, dan pendidikan formal. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan para pemangku kepentingan tentang pentingnya pendidikan inklusif sebagai bagian dari upaya optimalisasi potensi anak berkebutuhan khusus. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, guru, orang tua, dan semua pihak yang peduli terhadap pendidikan inklusif di Indonesia.
Keluarga perlu berupaya keras menghadirkan lingkungan yang kondusif agar anak berkebutuhan khusus mendapatkan simulasi bagi perkembangan yang optimal sesuai kapasitasnya Lembaga Pendidikan Bersama pemerintah perlu meningkatkan kualitas layanan nbsp Pendidikan yang mengakomodasi anak berkebutuhan khusus melalui berbagai alternatif jalur Pendidikan baik melalui sekolah khusus sekolah inklusif homeschooling maupun jalur Pendidikan lainnya Demikian pula masyarakat perlu meningkatkan swadaya masyarakat kelompok kelompok dukungan support group maupun secara informasi melalui beragam cara nbsp Di dalamnya tersaji berbagai topik yang akan menarik perhatian pembaca misalnya saja topik tentang latar belakang dan pemikiran baru dalam Pendidikan inklusif filosofi dan prinsip prinsip dasar konteks sistem sosial Pendidikan inklusif dan perspektif budaya Pendidikan lokal Tidak hanya itu dipaparkan pula mengenai assesment kesiapan menuju Pendidikan inklusif penyelenggaraan Pendidikan inklusif berbasis budaya lokal kualifikasi pembinaan dan karier personal serta layanan kebutuhan khusus dalam Pendidikan inklusif
Jumlah Halaman | 75 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-338-500-8 |
eISBN | 978-623-338-501-5 |