Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar, dengan fokus pada upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan merupakan katalisator utama dalam pengembangan sumber daya manusia, serta merupakan kerangka pemikiran untuk mencapai keunggulan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam era global. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya proses pembelajaran yang kontekstual, yang berorientasi pada kebutuhan dan minat anak, serta mendorong keterampilan berpikir kritis, inquiry, dan penyelesaian masalah. Buku ini memberikan panduan bagi para guru untuk mewujudkan pembelajaran IPS yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), sesuai dengan prinsip pembelajaran kontekstual. Buku ini juga menyertakan informasi tentang sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta, terutama dalam penggunaan karya secara komersial, sebagai bagian dari upaya melindungi karya-karya cipta yang dihasilkan oleh pencipta. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang komprehensif bagi para guru dan pengambil kebijakan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di jenjang Sekolah Dasar.
Proses pembelajaran pendidikan IPS di jenjang persekolahan selama ini sebagian besar masih bersifat konvensional belum banyak yang melakukan pembelajaran dengan menerapkan model model pembelajaran yang bersifat kontekstual Model pembelajaran kontekstual ditandai dengan adanya orientasi pada kebutuhan dan minat anak memperhatikan masalah masalah sosial lebih mengedepankan keterampilan berpikir dari pada ingatan atau hafalan keterampilan inkuiri atau menyelidiki meneliti dan menyelesaikan masalah pembelajaran kooperatif serta pembelajaran yang berbasis pemanfaatan lingkungan alam sekitar atau sains teknologi dan masyarakat Guru masih banyak menggunakan model pembelajaran konvensional kurang mengikutsertakan peserta didik dalam proses pembelajaran Guru tidak mengembangkan berbagai pendekatan modern yang mampu mengembangkan wawasan berpikir dan penyelesaian masalah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar lebih aktif giat dan menyenangkan Atas dasar itulah penulis dalam buku ini berusaha menyajikan model model pembelajaran IPS di Sekolah Dasar yang dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para guru mulai dari model pembelajaran simulasi pendekatan berbasis masalah model pembelajaran kooperatif pendekatan pembelajaran kontekstual model inkuiri sampai model pembelajaran terpadu Semuanya disajikan secara detail berikut contoh dan implementasinya Oleh karena itu buku ini sangat penting dan bermanfaat bagi para guru mahasiswa serta para pemerhati dan praktisi pendidikan terutama pendidikan di jenjang Sekolah Dasar
Jumlah Halaman | 380 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-7985-88-9 |
eISBN | 978-602-422-861-3 |