IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan Implikasinya berbagai tradisi dalam IPS termasuk konsep struktur cara kerja ilmuwan sosial aspek metode maupun aspek nilai yang dikembangkan dalam ilmu IPS dikemas secara psikologis pedagogis dan sosial budaya untuk kepentingan pendidikan Berdasarkan perspektif tersebut secara umum IPS dapat dimaknai sebagai seleksi dari struktur disiplin akademik ilmu IPS yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan nasional Untuk mewujudkan apa yang terurai di atas diperlukan suatu buku ajar bagi guru SD MI mahasiswa calon guru SD MI atau para pemerhati pendidikan yang haus akan bidang keilmuan IPS Secara ringkas buku ini membahas mengenai pengembangan materi media dan sumber belajar IPS SD MI Bagian awal buku ini secara runtut mengupas konsep dan ruang lingkup Pendidikan IPS di SD MI Pembahasan selanjutnya meliputi Karakteristik dan Peta Kompetensi IPS SD MI dalam Kurikulum Pembelajaran Tematik Integratif Materi IPS SD MI Kemudian pembahasan secara terstruktur analogis mengenai Hakikat Materi Pembelajaran Pengembangan Materi Ajar IPS SD Sumber Belajar IPS DI SD MI Hakikat Media Pembelajaran Pengembangan Media dalam Pembelajaran IPS SD MI dan Praktik Produksi Media dalam Pembelajaran IPS SD MI Semoga dengan kehadiran buku ini turut serta mempunyai andil dalam pendidikan dan pengajaran IPS di SD MI meskipun tidak akan sebaik dari buku buku yang telah terbit sebelumnya setidaknya dapat terjangkau di hadapan para pembaca Semoga buku sederhana ini bermanfaat bagi pembaca IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan Implikasinya berbagai tradisi dalam IPS termasuk konsep struktur cara kerja ilmuwan sosial aspek metode maupun aspek nilai yang dikembangkan dalam ...ilmu IPS dikemas secara psikologis pedagogis dan sosial budaya untuk kepentingan pendidikan Berdasarkan perspektif tersebut secara umum IPS dapat dimaknai sebagai seleksi dari struktur disiplin akademik ilmu IPS yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan nasional Untuk mewujudkan apa yang terurai di atas diperlukan suatu buku ajar bagi guru SD MI mahasiswa calon guru SD MI atau para pemerhati pendidikan yang haus akan bidang keilmuan IPS Secara ringkas buku ini membahas mengenai pengembangan materi media dan sumber belajar IPS SD MI Bagian awal buku ini secara runtut mengupas konsep dan ruang lingkup Pendidikan IPS di SD MI Pembahasan selanjutnya meliputi Karakteristik dan Peta Kompetensi IPS SD MI dalam Kurikulum Pembelajaran Tematik Integratif Materi IPS SD MI Kemudian pembahasan secara terstruktur analogis mengenai Hakikat Materi Pembelajaran Pengembangan Materi Ajar IPS SD Sumber Belajar IPS DI SD MI Hakikat Media Pembelajaran Pengembangan Media dalam Pembelajaran IPS SD MI dan Praktik Produksi Media dalam Pembelajaran IPS SD MI Semoga dengan kehadiran buku ini turut serta mempunyai andil dalam pendidikan dan pengajaran IPS di SD MI meskipun tidak akan sebaik dari buku buku yang telah terbit sebelumnya setidaknya dapat terjangkau di hadapan para pembaca Semoga buku sederhana ini bermanfaat bagi pembaca