Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran *Project Based Learning* (PBL) berbasis digital yang dirancang untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains pada peserta didik. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, buku ini menjelaskan bagaimana metode pembelajaran yang inovatif dapat memfasilitasi proses belajar yang lebih aktif, kreatif, dan berkelanjutan. Model pembelajaran ini tidak hanya menekankan pada pemahaman konseptual, tetapi juga mendorong siswa untuk terlibat secara langsung dalam menyelesaikan masalah nyata terkait lingkungan dan ilmu pengetahuan. Dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang efektif, buku ini juga mengintegrasikan prinsip-prinsip belajar, karakteristik bahan ajar, serta peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran yang berbasis digital. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi terkait hak cipta dan perlindungan karya intelektual dalam konteks penggunaan bahan ajar dan pembelajaran digital, sebagai upaya untuk memastikan kepatuhan hukum dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini menjadi panduan yang relevan bagi guru, pendidik, dan pelaku pendidikan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, berkelanjutan, dan berorientasi pada pengembangan karakter serta literasi sains.
Bahan ajar merupakan hal penting pada pembelajaran dan yang paling mendasar dalam proses pembelajaran Semua materi yang menjadi acuan guru baik berupa teks tertulis maupun tidak tertulis yang membantu terlaksananya pembelajaran di kelas disebut sebagai bahan ajar Bahan Ajar berisikan penjelasan sarana dan bacaan yang digunakan guru untuk merencanakan dan menelaah pelaksanaan pembelajaran yang disusun secara terstruktur sehingga menciptakan kondisi belajar yang kondusif Dewi dan Harahap 2016 Encyclopedia 2019 Kondisi belajar yang kondusif dapat terwujud dengan adanya bahan ajar yang disusun secara terstruktur yang membantu keperluan jalannya pembelajaran Tanpa adanya bahan ajar akan mengganggu kelancaran prosedur pembelajaran yang lainnya Oleh karena itu bahan ajar sangat berperan penting untuk diberikan kepada siswa agar proses pembelajaran yang efektif dan kondusif dapat diwujudkan Berdasarkan teknologi atau media yang digunakan bahan ajar diklasifikasikan menjadi sebagai berikut 1 teks tertulis yaitu handout buku modul lembar kerja siswa brosur leaflet wallchart foto gambar model maket 2 bahan ajar dengar audio seperti kaset radio piringan hitam dan 2 CD audio 3 bahan ajar pandang dengar audio visual seperti video CD film dan 4 bahan ajar interaktif seperti CD interaktif Penggunaan bahan ajar yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran akan menghasilkan manfaat yang maksimal pada pembelajaran Arsanti 2018
Jumlah Halaman | 102 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-2084-5 |
eISBN | 978-623-02-2309-9 |