Menurut Janali dalam Herman J Waluyo 2007 25 ada tiga tipe pengembangan model yaitu model teoretik model konseptual dan model prosedural Model teoretik adalah model yang menggambarkan kerangka berpikir yang didasarkan pada teori teori yang relevan dan didukung data empiris Model konseptual bersifat analitis yang menyebutkan komponenkomponen produk dan menunjukkan hubungan antar komponen Sedangkan model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif berupa langkah langkah yang diikuti untuk mencapai hasil Tipe model yang sesuai dan dikembangkan dalam buku ini adalah tipe prosedural Hal ini sesuai pendapat Badudu 2001 yang menyebutkan model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar Dalam pembelajaran membaca dengan POS menggunakan prosedur atau skenario pembelajaran yang harus ditempuh sekalipun dalam pelaksanaannya masing masing guru dapat menyesuaikan dengan kondisi masing masing sekolah Walaupun dalam pelaksanaan terdapat variasi prosedural namun tetap mengacu dan berlandaskan pada prinsip prinsip pembelajaran membaca dengan POS Model pembelajaran membaca dengan POS diasumsikan lebih mudah dilaksanakan dan efektif mencapai tujuan bila dibandingkan dengan model pembelajaran membaca konvensional yang selama ini digunakan di TK Model pembelajaran konvensional menurut Neil 1988 3 adalah pembelajaran yang lebih menekankan pada hubungan stimulus dan respon yang teramati Asumsi teori ini adalah bahwa sifat hubungan manusia dengan lingkungan adalah pasif dan reaktif Teori psikologi tingkah laku menjelaskan bahwa kegiatan belajar akan terjadi secara mekanistis melalui hubungan stimulus dan respon yang terkondisi
Jumlah Halaman | 392 |
---|---|
Kategori | Buku ajar |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-280-660-8 |
eISBN | 978-623-209-201-3 |