Sinopsis Buku: Buku ini membahas pengembangan kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah dengan pendekatan *total history*. Penulis menggali dan menganalisis materi kurikulum SKI dari perspektif ilmu sejarah, khususnya pendekatan *total history* yang mencakup aspek-aspek keagamaan, ekonomi, sosial-politik, hingga kebudayaan. Buku ini lahir sebagai respons terhadap kritik terhadap pendekatan yang kurang relevan dalam pengembangan materi kurikulum SKI. Penulis berupaya mengembangkan kurikulum yang lebih komprehensif, relevan dengan konteks kehidupan masa kini, dan mampu membangun nalar kritis para peserta didik. Buku ini juga menyajikan urgensi, relevansi, dan aktualisasi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dalam konteks pendidikan nasional, khususnya di lingkungan madrasah yang bernaung di bawah Kementerian Agama. Dengan pendekatan ilmiah dan pendidikan yang terpadu, buku ini bertujuan untuk memperkaya pemahaman tentang peran sejarah dalam membangun kehidupan berbudaya dan beradab.
Di antara problem kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam SKI adalah belum optimalnya pendekatan ilmu sejarah dalam pengembangan materinya Problem ini menjadi alasan mengapa cita rasa kurikulum SKI terkesan menjadi sebagai sebuah cerita em story em dari pada sejarah em history em Ilmu sejarah adalah kajian akademis yang bertujuan merangkai em puzzle em peristiwa peristiwa masa lampau menjadi sebuah bangunan pengetahuan yang utuh Rangkaian em puzzle em tersebut meliputi perjalanan umat manusia mulai dari pemikiran agama sistem ekonomi sosial politik sampai dengan kebudayaan Buku ini merupakan ikhtiar akademis untuk menjawab problem tersebut Buku ini bukan hanya menjelaskan teori dan konsep tentang pendekatan total history dalam kurikulum SKI namun juga menerapkan teori tersebut dengan menata ulang batu bata sejarah Islam menjadi sebuah bangunan materi yang disusun dari berbagai sudut pandang Kajian di dalam buku ini sangat penting terutama bagi mahasiswa guru SKI dosen dan praktisi pendidikan