Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil studi penulis yang berjudul *“Pengembangan Kurikulum Pesantren Muadalah (Studi Multisitus Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri dan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan)”.* Buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memperkaya khazanah kepustakaan Islam, khususnya dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan pesantren. Penulis menjelaskan secara mendalam tentang konsep, prinsip, komponen, dan faktor-faktor penentu dalam pengembangan kurikulum, dengan fokus pada pendidikan pesantren sebagai sistem pendidikan yang unik dan memiliki nilai-nilai keagamaan yang mendalam. Selain itu, buku ini juga menyajikan studi kasus tentang dua institusi pendidikan pesantren, yaitu Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri dan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan. Dalam studi ini, penulis menggambarkan bagaimana kurikulum di kedua lembaga tersebut dikembangkan, diimplementasikan, dan direspons oleh peserta didik serta pengelola lembaga. Studi ini dilakukan dalam rangka menggali kesesuaian antara kurikulum yang dikembangkan dengan kebutuhan pendidikan pesantren di masa kini, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pengembangan kurikulum pesantren yang bersifat muadalah, yaitu kurikulum yang memiliki keseimbangan antara nilai-nilai Islam dan pendekatan modern. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pemangku kebijakan pendidikan, pengelola pesantren, dan peneliti dalam memahami dan mengembangkan sistem pendidikan pesantren yang relevan, berkelanjutan, dan sesuai dengan tantangan zaman. Selain itu, buku ini juga berharap dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya literatur ilmu pendidikan Islam, khususnya dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan pesantren.
Kurikulum pesantren muadalah dalam penelitian ini adalah menganalisis dan menemukan pengembangan kurikulum pesantren muadalah dengan melihat kurikulum yang sudah ada pada Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Sidogiri dan Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan
Jumlah Halaman | 232 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-7125-79-2 |
eISBN | proses |