Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan secara komprehensif mengenai pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan saintifik. Buku ini ditujukan untuk para pendidik, pengajar bahasa Arab, dan mahasiswa yang ingin memperdalam pemahaman tentang penyusunan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), serta perangkat pembelajaran lainnya dalam konteks pendidikan di madrasah aliyah. Buku ini membahas berbagai konsep penting dalam kurikulum, seperti definisi, landasan, komponen, dan perkembangannya. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bagaimana kurikulum bahasa Arab dirancang untuk menyiapkan peserta didik agar mampu beradaptasi dengan perubahan dunia global dan membangun peradaban bangsa. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab diintegrasikan dalam kurikulum 2013, yang bertujuan untuk memperkuat kompetensi siswa di bidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Buku ini juga menyajikan contoh-contoh pengembangan silabus dan RPP yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah. Dengan menggunakan berbagai media dan permainan bahasa yang disesuaikan dengan setiap keterampilan berbahasa, buku ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat bagi para penggiat pendidikan, guru, dan mahasiswa yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan saintifik.
Perubahan yang sangat cepat dalam kehidupan dan tuntutan dunia global harus diantisipasi dan direspons oleh dunia pen didikan salah satunya dalam penyusunan kurikulum dan pengem bangan model pembelajaran bahasa Arab Kurikulum bahasa Arab diarahkan untuk menyiapkan peserta didik di tingkat madrasah agar mampu beradaptasi dengan perubahan sehingga lulusannya kompatibel dengan tuntutan zaman dalam membangun peradaban bangsa Kurikulum 2013 di madrasah juga dirancang untuk mem perkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan keterampilan dan sikap dengan cara mempelajari memahami dan mengaplikasikan pembelajaran berorientasi scientific approach
Jumlah Halaman | 190 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6841-74-7 |
eISBN | proses |