Di era profesionalisme guru kapabilitas guru menjadi ranah yang harus berkembang secara kontinyu Butuh kesadaran kemauan dan tekad setiap insan pendidik untuk senantiasa mengembangkan profesionalismenya Tanpa ada upaya pengembangan diri secara kontinyu maka pentasbihan sebagai guru professional tidak memberi value added nilai tambah bagi dirinya organisasi profesinya dan tentu kualitas pendidikan nasional Dalam konteks pengembangan profesionalisme guru dikenal dengan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Secara umum keberadaan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah madrasah yang berimbas pada peningkatan mutu pendidikan Secara khusus tujuan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan menurut Dian Mahsunah dkk 2012 adalah pertama meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan kedua memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam memfasilitasi proses belajar peserta didik dalam memenuhi tuntutan perkembangan ilmu teknologi dan seni di masa mendatang ketiga mewujudkan guru yang memiliki komitmen kuat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional keempat menumbuhkan rasa cinta dan bangga sebagai penyandang profesi guru dan kelima meningkatkan citra harkat dan martabat profesi guru di masyarakat Untuk melaksanakan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dapat ditempuh dengan banyak cara antara lain melalui mentoring guru peer teaching meningkatan keterampilan menulis dan mengikuti seminar atau kegiatan ilmiah lainnya Secara khusus teknik dan kiat pengembangan keprofesian berkelanjutan di bahas untuk mempermudah pembaca dalam mengimplementasikan kajian dalam buku ini Di era profesionalisme guru kapabilitas guru menjadi ranah yang harus berkembang secara kontinyu Butuh kesadaran kemauan dan tekad setiap insan pendidik untuk senantiasa mengembangkan profesionalismenya Tanpa ada upaya pengembangan diri secara kontinyu maka pentasbihan sebagai guru professional tidak memberi value added nilai tambah bagi dirinya organisasi profesinya dan tentu kualitas pendidikan ...nasional Dalam konteks pengembangan profesionalisme guru dikenal dengan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Secara umum keberadaan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah madrasah yang berimbas pada peningkatan mutu pendidikan Secara khusus tujuan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan menurut Dian Mahsunah dkk 2012 adalah pertama meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan kedua memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam memfasilitasi proses belajar peserta didik dalam memenuhi tuntutan perkembangan ilmu teknologi dan seni di masa mendatang ketiga mewujudkan guru yang memiliki komitmen kuat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional keempat menumbuhkan rasa cinta dan bangga sebagai penyandang profesi guru dan kelima meningkatkan citra harkat dan martabat profesi guru di masyarakat Untuk melaksanakan PKB Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dapat ditempuh dengan banyak cara antara lain melalui mentoring guru peer teaching meningkatan keterampilan menulis dan mengikuti seminar atau kegiatan ilmiah lainnya Secara khusus teknik dan kiat pengembangan keprofesian berkelanjutan di bahas untuk mempermudah pembaca dalam mengimplementasikan kajian dalam buku ini