Buku ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pelatihan dasar dalam bidang pembelajaran pendidikan nonformal Buku ini merupakan hasil pengalaman penulis selama menjadi praktisi Pendidikan Luar Sekolah selama hampir kurang lebih 36 tahun serta analisis dan sintesis terhadap berbagai rujukan ilmiah yang berhubungan dengan pengembangan keterampilan hard skill dan soft skill pada pendidikan nonformal Dorongan lain penulis ketika menyusun buku referensi ini adalah adanya kenyataan bahwa warga belajar siswa pada pendidikan nonformal masih dipandang sebelah mata sebagai lulusan yang kurang memiliki keterampilan personal soft skill dan keterampilan teknis hard skill di dunia kerja Selain itu banyaknya materi referensi terkait pelatihan pada pendidikan nonformal masih belum mengakomodasi warga belajar dalam pengembangan hard skill dan soft skill alih alih hanya sebatas pengembangan keterampilan dasar dalam pengembangan keterampilan akademik mereka Secara sederhana buku referensi ini ditulis dalam struktur sebagai berikut Hard Skill dan Soft Skill Konsep Dasar Kepemimpinan Belajar sebagai Modal Pemimpin Motivasi Berprestasi Kerja Sama Tim Problem Solving dan Manajemen Diri Siswa Buku ini ditulis secara kolaboratif oleh dua dosen dari dua keilmuan berbeda Buku ini dapat menjadi rujukan bagi pamong belajar warga belajar praktisi SKB praktisi PKBM kalangan akademisi pendidikan luar sekolah S 1 S 2 dan S 3 kalangan akademisi lain dan masyarakat umum Buku ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pelatihan dasar dalam bidang pembelajaran pendidikan nonformal Buku ini merupakan hasil pengalaman penulis selama menjadi praktisi Pendidikan Luar Sekolah selama hampir kurang lebih 36 tahun serta analisis dan sintesis terhadap berbagai rujukan ilmiah yang berhubungan dengan pengembangan keterampilan hard skill dan soft skill pada ...pendidikan nonformal Dorongan lain penulis ketika menyusun buku referensi ini adalah adanya kenyataan bahwa warga belajar siswa pada pendidikan nonformal masih dipandang sebelah mata sebagai lulusan yang kurang memiliki keterampilan personal soft skill dan keterampilan teknis hard skill di dunia kerja Selain itu banyaknya materi referensi terkait pelatihan pada pendidikan nonformal masih belum mengakomodasi warga belajar dalam pengembangan hard skill dan soft skill alih alih hanya sebatas pengembangan keterampilan dasar dalam pengembangan keterampilan akademik mereka Secara sederhana buku referensi ini ditulis dalam struktur sebagai berikut Hard Skill dan Soft Skill Konsep Dasar Kepemimpinan Belajar sebagai Modal Pemimpin Motivasi Berprestasi Kerja Sama Tim Problem Solving dan Manajemen Diri Siswa Buku ini ditulis secara kolaboratif oleh dua dosen dari dua keilmuan berbeda Buku ini dapat menjadi rujukan bagi pamong belajar warga belajar praktisi SKB praktisi PKBM kalangan akademisi pendidikan luar sekolah S 1 S 2 dan S 3 kalangan akademisi lain dan masyarakat umum