Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep dan penerapan *flipped classroom* dalam konteks pendidikan tinggi, khususnya di universitas. Dalam buku ini, penulis menjelaskan hakikat belajar, hasil belajar, serta interaksi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, dengan penekanan pada peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. Buku ini juga mengupas secara khusus tentang *flipped classroom* sebagai salah satu metode pembelajaran berbasis web yang semakin relevan di era digital. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan masa depan akan semakin berkembang di jagat maya, dan *flipped classroom* menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pembelajaran. Buku ini berisi enam bab yang secara singkat mengajak pembaca untuk menelusuri penerapan metode terbalik ini di tataran universitas, termasuk penjelasan tentang kelebihan *flipped classroom* dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Selain itu, buku ini juga mencakup perbandingan model pembelajaran *flipped classroom* dengan berbagai metode pembelajaran lainnya, serta penjelasan tentang konseptualisasi dan implementasi *flipped classroom* dalam konteks pembelajaran online. Terdapat pula contoh tampilan laman portal akademik, buku petunjuk mahasiswa, dan buku pedoman dosen yang mendukung penerapan model ini. Data penelitian yang disajikan dalam buku ini menguatkan bahwa *flipped classroom* mampu meningkatkan kualitas akademik, keterlibatan mahasiswa, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Dengan demikian, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat relevan bagi dosen, mahasiswa, dan penyelenggara pendidikan tinggi yang ingin memahami dan menerapkan model pembelajaran berbasis web yang inovatif dan efektif.
Buku ini meneroka sisi lain dari flipped classroom dengan harapan ia mampu meningkatkan partisipasi masyarakat di perguruan tinggi Menurut riset yang dilakukan oleh Kemenristekdikti pada 2019 angka partisipasi kasar APK pendidikan tinggi masyarakat kita sebesar 34 58 Memang itu melebihi target persentase pada tahun tersebut yaitu 32 56 namun tetap saja itu masih lebih jauh dari misalnya Malaysia dan Singapura yang masing masing mencapai angka 48 dan 90 di tahun yang sama Tentu saja ini menjadi persoalan kita bersama
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-149-1 |
eISBN | proses |