Logo Bacabuku
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENERGI DALAM FUN‐SCIENCE

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENERGI DALAM FUN‐SCIENCE

Tuti Putikah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas pengembangan bahan ajar *Energi dalam Fun-Science* yang merupakan hasil konversi dari penelitian tesis berjudul *Pengembangan Bahan Ajar Fun-Science Berbasis Konteks pada Topik Bentuk dan Perubahan Energi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP*. Buku ini bertujuan untuk menjadi referensi bagi guru dan siswa dalam meningkatkan literasi sains melalui pendekatan pembelajaran yang kreatif, kontekstual, dan berbasis eksplorasi. Buku ini menjelaskan hakikat pembelajaran sains yang mencakup tiga aspek utama: konten, proses, dan konteks. Aspek konten meliputi konsep, prinsip, teori, dan hukum dasar sains, sementara aspek proses mencakup keterampilan berpikir ilmiah yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis fenomena alam. Aspek konteks berperan penting dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan sains dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep *literasi sains* dan bagaimana pembelajaran sains dapat memfasilitasi terciptanya peserta didik yang sadar terhadap sains dan teknologi. Buku ini juga membahas kriteria pembelajaran *Fun-Science* sebagai media yang efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP. Dengan pendekatan yang interaktif dan berbasis konteks, buku ini dirancang untuk memfasilitasi proses belajar yang lebih mendalam, kritis, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata. Buku ini merupakan upaya penulis untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan sains di Indonesia.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas pengembangan bahan ajar *Energi dalam Fun-Science* yang merupakan hasil konversi dari penelitian tesis berjudul *Pengembangan Bahan Ajar Fun-Science Berbasis Konteks pada Topik Bentuk dan Perubahan Energi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP*. Buku ini bertujuan untuk menjadi referensi bagi guru dan siswa dalam meningkatkan literasi sains melalui pendekatan pembelajaran yang kreatif, kontekstual, dan berbasis eksplorasi. Buku ini menjelaskan hakikat pembelajaran sains yang mencakup tiga aspek utama: konten, proses, dan konteks. Aspek konten meliputi konsep, prinsip, teori, dan hukum dasar sains, sementara aspek proses mencakup keterampilan berpikir ilmiah yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis fenomena alam. Aspek konteks berperan penting dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan sains dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep *literasi sains* dan bagaimana pembelajaran sains dapat memfasilitasi terciptanya peserta didik yang sadar terhadap sains dan teknologi. Buku ini juga membahas kriteria pembelajaran *Fun-Science* sebagai media yang efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP. Dengan pendekatan yang interaktif dan berbasis konteks, buku ini dirancang untuk memfasilitasi proses belajar yang lebih mendalam, kritis, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata. Buku ini merupakan upaya penulis untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan sains di Indonesia.

Detail Buku

Jumlah Halaman 116
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-272-409-9
eISBN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENERGI DALAM FUN‐SCIENCE

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENERGI DALAM FUN‐SCIENCE

Tuti Putikah