Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, pentingnya, dan pengembangan asesmen otentik dalam konteks Kurikulum 2013. Buku ini dirancang untuk membekali calon guru dan guru dalam memahami serta menerapkan asesmen otentik secara efektif dalam proses pembelajaran. Asesmen otentik, yang berfokus pada penilaian berbasis tugas nyata dan pengalaman belajar yang bermakna, menjadi bagian integral dari pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Buku ini menjelaskan karakteristik, model, dan contoh implementasi asesmen otentik, termasuk pengembangan tugas proyek, penilaian unjuk kerja, dan asesmen berbasis masalah. Selain itu, buku ini juga menyajikan contoh hasil pengembangan tes otentik dalam berbagai bidang pelajaran seperti IPS dan sains, serta memberikan pedoman pengamatan karakter anak. Buku ini merupakan panduan praktis bagi pendidik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan potensi siswa secara optimal.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, pentingnya, dan pengembangan asesmen otentik dalam konteks Kurikulum 2013. Buku ini dirancang untuk membekali calon guru dan guru dalam memahami serta menerapkan asesmen otentik secara efektif dalam proses pembelajaran. Asesmen otentik, yang berfokus pada penilaian berbasis tugas nyata dan pengalaman belajar yang bermakna, menjadi bagian integral dari pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Buku ini menjelaskan karakteristik, model, dan contoh implementasi asesmen otentik, termasuk pengembangan tugas proyek, penilaian unjuk kerja, dan asesmen berbasis masalah. Selain itu, buku ini juga menyajikan contoh hasil pengembangan tes otentik dalam berbagai bidang pelajaran seperti IPS dan sains, serta memberikan pedoman pengamatan karakter anak. Buku ini merupakan panduan praktis bagi pendidik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan potensi siswa secara optimal.
Jumlah Halaman | 124 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-61513-1-5 |
eISBN |