Pembelajaran merupakan kegiatan yang kompleks tidak hanya menampakkan interaksi guru dengan peserta didik Lebih dari itu adalah mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan mengajar pemberdayaan kelas penyiapan sumber belajar dan konektivitas dengan kondisi peserta didik Selain itu adaptasi terhadap perkembangan yang sangat cepat sangat diperlukan terutama kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang secara nyata menuntut relevansinya dalam proses pembelajaran Dalam kondisi demikian buku ini hadir sebagai kerangka dasar yang bersifat teoretis tentang bagaimana melakukan pengelolaan pembelajaran Dalam konteks ini guru akan memainkan peran sebagai seorang manajer kelas juga pemimpin kelas Dalam praktiknya menjadi manajer di kelas berarti seorang guru mesti dapat membuat perencanaan pembelajaran baik yang bersifat jangka panjang jangka menengah maupun jangka pendek Selanjutnya melakukan pengorganisasian pembelajaran yang di dalamnya menyangkut kegiatan kegiatan apa yang dapat dilakukan dan melibatkan siapa serta bagaimana mengoordinasikannya Langkah berikutnya adalah melaksanakan pembelajaran tidak hanya menuntut kesesuaian dengan perencanaan tetapi sangat penting menghadirkan terobosan terobosan dan inovasi pembelajaran Kegiatan pamungkasnya adalah proses pengendalian pembelajaran di dalamnya ada proses pengawasan supervisi dan penilaian Kegiatan kegiatan tersebut akan terus berlangsung sebagai sebuah siklus yang harapannya akan terjadi perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan Pembelajaran merupakan kegiatan yang kompleks tidak hanya menampakkan interaksi guru dengan peserta didik Lebih dari itu adalah mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan mengajar pemberdayaan kelas penyiapan sumber belajar dan konektivitas dengan kondisi peserta didik Selain itu adaptasi terhadap perkembangan yang sangat cepat sangat diperlukan terutama kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi ...yang secara nyata menuntut relevansinya dalam proses pembelajaran Dalam kondisi demikian buku ini hadir sebagai kerangka dasar yang bersifat teoretis tentang bagaimana melakukan pengelolaan pembelajaran Dalam konteks ini guru akan memainkan peran sebagai seorang manajer kelas juga pemimpin kelas Dalam praktiknya menjadi manajer di kelas berarti seorang guru mesti dapat membuat perencanaan pembelajaran baik yang bersifat jangka panjang jangka menengah maupun jangka pendek Selanjutnya melakukan pengorganisasian pembelajaran yang di dalamnya menyangkut kegiatan kegiatan apa yang dapat dilakukan dan melibatkan siapa serta bagaimana mengoordinasikannya Langkah berikutnya adalah melaksanakan pembelajaran tidak hanya menuntut kesesuaian dengan perencanaan tetapi sangat penting menghadirkan terobosan terobosan dan inovasi pembelajaran Kegiatan pamungkasnya adalah proses pengendalian pembelajaran di dalamnya ada proses pengawasan supervisi dan penilaian Kegiatan kegiatan tersebut akan terus berlangsung sebagai sebuah siklus yang harapannya akan terjadi perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan