Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam pengelolaan pendidikan, yang merupakan bagian integral dari upaya mencapai tujuan pendidikan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Buku ini terdiri dari delapan bab yang membahas secara komprehensif konsep, prinsip, dan praktik pengelolaan pendidikan, termasuk kepemimpinan pendidikan, pengelolaan kurikulum, sarana dan prasarana, peserta didik, kelas, serta berbagai aspek pendukung lainnya dalam sistem pendidikan. Bab I menjelaskan wawasan dasar pengelolaan pendidikan, termasuk konsep dasar dan standar nasional dalam pengelolaan pendidikan. Bab II berfokus pada konsep dan fungsi kepemimpinan dalam pendidikan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemimpin pendidikan. Bab III dan seterusnya membahas pengelolaan berbagai komponen utama dalam proses pendidikan, seperti kurikulum, sarana dan prasarana, peserta didik, dan kelas, dengan penjelasan yang terstruktur dan praktis. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa calon guru, pendidik, dan semua pihak yang tertarik dalam pengelolaan pendidikan secara efektif dan efisien. Buku ini juga menyertakan kritik dan saran untuk penyempurnaan, sehingga menjadi buku yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan.
lulusan yang berkualitas dalam UU Sisdiknas Pasal 1 ayat 1 dikatakan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara
Jumlah Halaman | 108 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Samudra Biru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5610-39-4 |
eISBN |