Logo Bacabuku
Pengelolaan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan

Pengelolaan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan

Abdul Aziz
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengelolaan pendidikan inklusi dalam lembaga pendidikan, yang merupakan upaya untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, dapat mendapatkan akses yang adil dan layanan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan inklusi dirancang untuk mengakomodasi keberagaman kebutuhan anak, baik secara fisik, mental, maupun emosional, sehingga setiap anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Buku ini menjelaskan pengertian, landasan, tujuan, fungsi, dan manfaat pendidikan inklusi. Selain itu, juga diuraikan kebijakan yang diperlukan dalam pengelolaan pendidikan inklusi, termasuk tantangan dan solusi yang harus diperhatikan oleh lembaga pendidikan. Kebijakan pendidikan inklusi tidak hanya terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, tetapi juga melibatkan komitmen untuk memperhatikan karakteristik setiap anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks Indonesia, buku ini juga merujuk pada kebijakan pemerintah, seperti keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 002/U/1986, yang merupakan awal dari pengembangan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi dianggap sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang merata dan berkeadilan, sesuai dengan prinsip *Education for All* (EFA) yang dirumuskan oleh UNESCO. Buku ini menjadi panduan penting bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan pihak terkait dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi secara efektif dan berkelanjutan.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengelolaan pendidikan inklusi dalam lembaga pendidikan, yang merupakan upaya untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, dapat mendapatkan akses yang adil dan layanan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan inklusi dirancang untuk mengakomodasi keberagaman kebutuhan anak, baik secara fisik, mental, maupun emosional, sehingga setiap anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Buku ini menjelaskan pengertian, landasan, tujuan, fungsi, dan manfaat pendidikan inklusi. Selain itu, juga diuraikan kebijakan yang diperlukan dalam pengelolaan pendidikan inklusi, termasuk tantangan dan solusi yang harus diperhatikan oleh lembaga pendidikan. Kebijakan pendidikan inklusi tidak hanya terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, tetapi juga melibatkan komitmen untuk memperhatikan karakteristik setiap anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks Indonesia, buku ini juga merujuk pada kebijakan pemerintah, seperti keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 002/U/1986, yang merupakan awal dari pengembangan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi dianggap sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang merata dan berkeadilan, sesuai dengan prinsip *Education for All* (EFA) yang dirumuskan oleh UNESCO. Buku ini menjadi panduan penting bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan pihak terkait dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi secara efektif dan berkelanjutan.

Detail Buku

Jumlah Halaman 72
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-308-017-0
eISBN
Pengelolaan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan

Pengelolaan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan

Abdul Aziz