Sinopsis Buku: Buku *Pengelolaan Lingkungan Belajar* ini merupakan panduan komprehensif bagi pendidik, khususnya di Taman Kanak-Kanak (TK), dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, merangsang, dan mendukung pertumbuhan holistik anak. Buku ini disusun oleh Rita Mariyana, M.Pd., Ali Nugraha, M.Pd., dan Yeni Rachmawati, M.Pd., yang menjelaskan konsep pengelolaan lingkungan belajar secara mendalam, mulai dari pemahaman tentang tujuan pendidikan TK, kekhasan pembelajaran di lingkungan sehari-hari anak, hingga prinsip-prinsip dalam menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan efektif. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam pengelolaan lingkungan belajar, seperti pentingnya ukuran anak sebagai standar dalam penataan ruang, penyediaan ruangan yang rapi, pertimbangan lalu lintas orang dalam merencanakan ruangan kelas, serta pemisahan ruangan yang berisik dan tenang. Selain itu, buku ini juga menjelaskan cara penempatan barang yang memudahkan pengawasan guru, penyimpanan bahan dan perlengkapan belajar, serta pemilihan dan penggunaan media serta peralatan belajar yang sesuai dengan usia anak. Buku ini juga memandu pembaca dalam membangun berbagai area belajar, seperti area bahasa, matematika, seni, musik, dan sains, serta memastikan bahwa setiap area dirancang dengan tujuan dan manfaat yang jelas. Dengan konsep yang jelas dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pengelola TK, serta calon pendidik dalam membangun lingkungan belajar yang optimal bagi anak usia dini.
Buku ini menjelaskan dasar strategi dan unsur pengelolaan lingkungan belajar seperti konsep pengelolaan lingkungan belajar di TK cara cara strategis mengelola lingkungan belajar baik di dalam kelas indoor maupun luas kelas outdoor fasilitas dan kebijakan sekolah terkait pengelolaan lingkungan belajar kompetensi guru dalam penyediaan lingkungan belajar dan berbagai bentuk kerja sama orang tua
Jumlah Halaman | 164 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-979-1486-92-7 |
eISBN | 978-602-422-470-7 |