Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pengelolaan budaya dan iklim sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang harmonis, produktif, dan berkelanjutan. Buku ini menjelaskan konsep budaya sekolah, karakteristiknya, serta berbagai kegiatan yang masih sering dilakukan di sekolah untuk membangun budaya yang positif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang iklim sekolah, tujuan, dan manfaat pengembangan budaya sekolah. Dalam bab-bab berikutnya, buku ini menguraikan langkah-langkah dalam penyusunan, sosialisasi, dan penegakan tata tertib sekolah sebagai bagian dari pengelolaan budaya dan iklim sekolah. Terdapat pula pembahasan tentang penghargaan dan insentif yang dapat diberikan sebagai motivasi bagi seluruh warga sekolah. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran kepala sekolah dalam pengembangan budaya dan iklim sekolah, termasuk pentingnya kepemimpinan pendidikan dan pembangunan relasi kekeluargaan. Buku ini juga membahas strategi pengelolaan kelas dalam pengembangan budaya dan iklim sekolah, termasuk penataan lingkungan kerja sekolah, peningkatan akuntabilitas, serta peningkatan kesejahteraan siswa dan guru. Buku ini merupakan panduan praktis bagi sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berbudaya. Kata Penutup: Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga sekolah, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mewujudkan budaya sekolah yang sehat, berkelanjutan, dan berorientasi pada pengembangan diri serta kebersamaan.
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar Belajar dan mengajar tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa Berbagai kegiatan seperti bagaimana membiasakan seluruh warga sekolah disiplin dan patuh terhadap peraturan yang berlaku di sekolah saling menghormati membiasakan hidup bersih dan sehat serta memiliki semangat berkompetisi secara fair dan sejenisnya merupakan kebiasaan yang harus ditumbuhkan di lingkungan sekolah sehari hari Bahwa kebiasaan kebiasaan nilai nilai norma ritual mitos yang dibentuk dalam perjalanan panjang sekolah disebut budaya sekolah Budaya sekolah dipegang bersama oleh kepala sekolah guru staf aministrasi dan siswa sebagai dasar mereka dalam memahami dan memecahkan berbagai persoalan yang muncul di sekolah Sekolah menjadi wadah utama dalam transmisi kultural antar generasi Sebagai suatu sistem sekolah memiliki tiga aspek pokok yang sangat berkaitan erat dengan mutu yakni proses belajar mengajar kepemimpinan dan manajemen sekolah serta budaya dan iklim sekolah Peningkatan mutu sekolah secara konvensional senantiasa menekankan pada aspek pertama yakni meningkatkan mutu proses belajar mengajar sedikit menyentuh aspek kepemimpinan dan manajemen sekolah dan sama sekali tidak pernah menyentuh aspek budaya dan iklim sekolah Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa budaya dan iklim sekolah tidak terlalu berpengaruh pada mutu
Jumlah Halaman | 174 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-7869-77-6 |
eISBN | 978-602-5568-15-5 |