Sinopsis Buku: Buku ini membahas dampak pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa di era pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan mendadak dalam sistem pendidikan yang terjadi sejak awal tahun 2020, ketika seluruh jenjang pendidikan di Indonesia beralih ke sistem belajar dari rumah. Dengan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk mengeksplorasi hubungan antara pembelajaran daring dan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan studi kepustakaan. Data primer diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada mahasiswa, sedangkan data sekunder berasal dari berbagai sumber pustaka dan indeks prestasi mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan mencakup uji validitas, uji signifikansi parsial (uji t), serta uji koefisien determinasi (R²) untuk mengukur tingkat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Meskipun ada tantangan dalam proses belajar jarak jauh, tetapi dengan pendekatan yang tepat dan dukungan teknologi, mahasiswa masih mampu mencapai prestasi akademik yang memadai. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi penyelenggara pendidikan, mahasiswa, dan pihak terkait dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif di tengah tantangan pandemi.
Buku penelitian ini berisikan hasil dari penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Angkatan 2018 Program Studi D 3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda Diharapkan hasil penelitian ini nantinya dapat menjadi masukan terhadap Program Studi D 3 Administrasi Bisnis pada khususnya dan Seluruh Lembaga Pendidikan yang ada di Provinsi Kalimantan Timur pada umumnya
Jumlah Halaman | 48 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-521-5 |
eISBN | proses |