Sinopsis Buku: Buku monograf ini menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mamik Suendarti, yang berjudul *Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Ilmiah Terhadap Penguasaan Konsep Pencemaran Lingkungan* (Survei pada SMP Negeri di Kabupaten Pandeglang). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan berpikir kritis, komunikasi ilmiah, dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Pandeglang. Dalam penelitian ini, digunakan metode survei dengan dua variabel bebas yaitu kemampuan berpikir kritis dan komunikasi ilmiah, serta satu variabel terikat yaitu penguasaan konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini melibatkan populasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Pandeglang, dengan sampel yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian yang telah diujikan dan validasi sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji statistik untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan komunikasi ilmiah terhadap penguasaan konsep pencemaran lingkungan. Pembahasan hasil penelitian mencakup interpretasi data, serta implikasi dari temuan penelitian terhadap kebijakan pendidikan dan pembelajaran di bidang lingkungan. Buku ini merupakan kontribusi ilmiah yang memberikan wawasan penting tentang peran kemampuan berpikir kritis dan komunikasi ilmiah dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu lingkungan. Buku ini juga memberikan saran untuk pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks pendidikan lingkungan.
Buku ini berisi hasil penelitian dengan metode Survey Dalam penelitian ini memiliki 2 dua variabel Bebas yaitu Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Ilmiah dengan satu variebl terikat yaitu Penguasaan Konsep Pencemaran Lingkungan
Jumlah Halaman | 78 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-116-3 |
eISBN | proses |