Djam an Satori 1980 memberikan pengertian manajemen pendidikan dengan menggunakan istilah administrasi pendidikan yang diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien Sementara itu Hadari Nawawi 1992 mengemukakan bahwa administrasi pendidikan sebagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan formal Meski ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam baik yang bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan namun secara esensial dapat ditarik benang merah tentang pengertian manajemen pendidikan bahwa 1 manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan 2 manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya dan 3 manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu Buku ini terdiri dari 8 Bab yang diuraikan sebagai berikut Bab I berisi materi tentang Manajemen dan Pengawasan Bab II berisi materi tentang Pendekatan dalam Studi Pengawasan Bab III berisi materi tentang Proses dan Standar Pengawasan Bab IV berisi materi tentang Model Pengawasan Bab V berisi materi tentang Pengawasan dengan Pendekatan Kekuasaan Bab VI berisi materi tentang Pengawasan Intern dan Ekstern Bab VII berisi materi tentang Problematika Guru dan Bab VIII berisi materi tentang Teknik Pembinaan dan Pendekatan Pengawas Pendidikan Djam an Satori 1980 memberikan pengertian manajemen pendidikan dengan menggunakan istilah administrasi pendidikan yang diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien Sementara itu Hadari Nawawi 1992 mengemukakan bahwa administrasi pendidikan ...sebagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan formal Meski ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam baik yang bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan namun secara esensial dapat ditarik benang merah tentang pengertian manajemen pendidikan bahwa 1 manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan 2 manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya dan 3 manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu Buku ini terdiri dari 8 Bab yang diuraikan sebagai berikut Bab I berisi materi tentang Manajemen dan Pengawasan Bab II berisi materi tentang Pendekatan dalam Studi Pengawasan Bab III berisi materi tentang Proses dan Standar Pengawasan Bab IV berisi materi tentang Model Pengawasan Bab V berisi materi tentang Pengawasan dengan Pendekatan Kekuasaan Bab VI berisi materi tentang Pengawasan Intern dan Ekstern Bab VII berisi materi tentang Problematika Guru dan Bab VIII berisi materi tentang Teknik Pembinaan dan Pendekatan Pengawas Pendidikan