Sinopsis Buku Pengantar Pengawasan Pendidikan Buku ini merupakan panduan lengkap dan terstruktur untuk memahami konsep pengawasan dalam konteks pendidikan. Buku ini terdiri dari delapan bab yang membahas berbagai aspek penting terkait pengawasan pendidikan, mulai dari definisi dan konsep dasar manajemen dan pengawasan, hingga pendekatan dan model pengawasan yang digunakan dalam praktik pendidikan. Bab pertama menjelaskan tentang manajemen dan pengawasan sebagai dua aspek yang saling berkaitan dalam sistem pendidikan. Bab kedua membahas berbagai pendekatan dalam studi pengawasan, seperti pendekatan klasik, struktural, kekuasaan, human relation, dan sistem. Bab ketiga menyajikan proses dan standar pengawasan, yang merupakan elemen penting dalam menjamin kualitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan. Bab keempat berisi berbagai model pengawasan yang dapat diterapkan, seperti Model Certo, Merchant, Ouchi I, Ouchi II, Hellriegel dan Slocum, W.H. Newman, serta Parker. Setiap model ini dijelaskan secara rinci untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang berbagai pendekatan pengawasan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan konteks organisasi pendidikan. Selain itu, buku ini juga menyertakan informasi terkait dengan UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, termasuk fungsi dan sifat hak cipta, serta pembatasan pelindungan hak cipta yang relevan dalam konteks penggunaan karya cipta dalam pendidikan. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pihak-pihak terkait dalam bidang pendidikan yang ingin memperdalam pemahaman tentang pengawasan pendidikan dan penerapannya dalam praktik nyata.
Djam an Satori 1980 memberikan pengertian manajemen pendidikan dengan menggunakan istilah administrasi pendidikan yang diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien Sementara itu Hadari Nawawi 1992 mengemukakan bahwa administrasi pendidikan sebagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan formal Meski ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam baik yang bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan namun secara esensial dapat ditarik benang merah tentang pengertian manajemen pendidikan bahwa 1 manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan 2 manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya dan 3 manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu Buku ini terdiri dari 8 Bab yang diuraikan sebagai berikut Bab I berisi materi tentang Manajemen dan Pengawasan Bab II berisi materi tentang Pendekatan dalam Studi Pengawasan Bab III berisi materi tentang Proses dan Standar Pengawasan Bab IV berisi materi tentang Model Pengawasan Bab V berisi materi tentang Pengawasan dengan Pendekatan Kekuasaan Bab VI berisi materi tentang Pengawasan Intern dan Ekstern Bab VII berisi materi tentang Problematika Guru dan Bab VIII berisi materi tentang Teknik Pembinaan dan Pendekatan Pengawas Pendidikan
Jumlah Halaman | 108 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-683-3 |
eISBN | 978-602-475-861-5 |